Sri Mulyani Bidik Dana Bank Pembangunan Islam untuk Tangani Covid-19

Agatha Olivia Victoria
27 April 2020, 08:58
ISDB, pandemi virus corona, sri mulyani, pinjaman, covid-19
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, dukungan IsDB merupakan hasil kerja sama dengan Bank Dunia dan Bank Pembiayaan Infrastruktur Asia alias Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB).

Islamic Development Bank bakal menggelontorkan dana untuk penanganan pandemi virus corona. Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut bantuan akan diberikan IsDB kepada negara-negara anggotanya.

"Dana emergency Covid-19 dari IsDB dalam proses negosiasi antara US$ 200 juta -250 juta," tulis Sri Mulyani usai mengadakan konferensi video dengan IsDB dalam akun instagram resminya, seperti dikutip Katadata.co.id, Senin (27/4).

Advertisement

Sri Mulyani menjelaskan, dukungan IsDB tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Bank Dunia dan Bank Pembiayaan Infrastruktur Asia alias Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB). Dalam menggelontorkan bantuan tersebut, IsDB akan meluncurkan program 3R (Respons, Restore, Restart).

Ia pun telah menceritakan langkah-langkah kebijakan penanganan corona kepada Presiden IsDB Bandar Hajjar tentang langkah-langkah dan kebijakan pemerintah dalam menghadapi Covid-19. Adapun pemerintah memang telah memberikan tiga paket stimulus di bidang kesehatan, bantuan sosial, dan bantuan untuk dunia usaha terutama UMKM.

(Baca: Bolong Bansos Pemerintah di Kelas Menengah Bawah)

Pada paket pertama, pemerintah merilis stimulus ekonomi di bidang pariwisata, setelah melakukan larangan penerbangan dari dan menuju Tiongkok pada pertengahan Februari lalu. Pemerintah menerapkan diskon tiket penerbangan domestik dan pembebasan pajak restoran serta hotel.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement