Jangan Kecewa Karena Tak Bisa Mudik, Coba Sungkem Online Saja

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
28 April 2020, 12:40
Ponsel medsos
Arief Kamaludin | Katadata

Pandemi virus korona diprediksi berlangsung sampai dengan Juni 2020, dengan kata lain umat muslim melalui bulan puasa dan hari raya Idul Fitri 1441 H dalam suasana pandemi. Demi menahan laju penyebaran Covid-19 ini, pemerintah melarang masyarakat mudik ke kampung halaman.

Mudik merupakan tradisi khas yang ada di negeri ini setiap jelang lebaran. Berdasarkan survei Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan diketahui, tiga provinsi di Pulau Jawa (Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat) termasuk wilayah tujuan mudik utama.

Tiga wilayah tersebut kini masuk ke dalam daftar provinsi dengan kasus virus korona terbanyak di Tanah Air. Oleh karena itu, pergerakan atau mobilitas manusia dari dan ke Jateng, Jatim, dan Jabar sangat dibatasi. Karena tidak ada mudik, mari lebaran di rumah saja.

(Baca juga : Puasa di Rumah Saja, Coba Kegiatan Seru Ini)

Terima kasih kepada teknologi yang membuat interaksi manusia menjadi lebih mudah meskipun terpisah jarak yang jauh. Jika biasanya sungkem dilakukan langsung di hadapan orang tua maka tahun ini sungkemnya via aplikasi dulu ya.

Sebut saja “sungkem online”. Kegiatan ini sebetulnya merujuk kepada aktivitas konferensi telepon atau video bersama keluarga untuk saling melepas rindu. Ada beberapa pilihan aplikasi video conference yang dapat diakses menggunakan gawai. Cukup unduh, bikin akun, dan pakai. Merangkum dari sejumlah sumber, inilah lima aplikasi yang bisa dicoba untuk konferensi telepon dan video saat hari raya :

(Baca juga : Kuliner Buka Puasa Favorit di Aplikasi Pesan Antar)

1. Skype

Aplikasi ini sering digunakan berbagai kalangan di Indonesia. Skype bisa mengakomodir kebutuhan untuk bersilaturahmi dengan banyak anggota keluarga tanpa batasan waktu. Untuk mengakses ini, kita hanya perlu memiliki akun. Tanpa biaya alias gratis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...