Lima Tips Memilih Pinjaman Cepat dalam Keadaan Darurat

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
29 April 2020, 10:14
Kredivo
Katadata

Wabah corona yang sedang melanda Indonesia sejak awal Maret kemarin menjadi momok bagi para pekerja. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah merinci pekerja formal dan informal yang dirumahkan mencapai lebih dari 1,5 juta orang pada pertengahan April 2020. Dari jumlah tersebut, sekitar 10 persen yang terkena PHK.

 

Bila Anda mengalami hal buruk seperti ini, dana darurat memang sangat berguna untuk  menyambung hidup di kemudian hari. Namun, tidak semua orang menyiapkan dana darurat untuk keadaan genting seperti sekarang. Oleh karena itu, bisa jadi pinjaman cepat menjadi hal pertama yang terpikirkan oleh orang-orang.

 

Namun, sebelum berkomitmen untuk mengajukan pinjaman cepat dalam keadaan darurat, ada baiknya untuk melihat tips berikut.

Cari sumber pendapatan terlebih dahulu

Hal pertama sebelum Anda mengajukan pinjaman cepat adalah mencari sumber pendapatan baru. Bagaimana bisa membayar tagihan pada bulan depan bila Anda tidak mempunyai sumber pendapatan dana?

 

Memang tidak mudah untuk mendapatkan penghasilan di tengah pandemi seperti sekarang, namun tidak ada salahnya untuk mencari dan mencoba hal baru yang bisa mendapatkan penghasilan, seperti menjadi reseller barang online, menjadi freelancer hingga membuka kelas online.

Tentukan jumlah pinjaman

Jumlah uang yang Anda pinjam sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Ingat, kebutuhan berbeda dengan keinginan. Meminjam uang untuk memenuhi keinginan hanya akan membuat Anda terjerat utang nantinya, karena ketika Anda melakukan pinjaman, bukan hanya dana yang dipinjam yang harus dikembalikan, melainkan juga bunga. Semakin tinggi jumlah pinjaman, tentu semakin banyak bunga yang harus dibayar. Untuk memastikan cicilan Anda sesuai dengan kemampuan, pastikan jumlah pinjaman tidak lebih dari 30% pendapatan Anda.

 

Lakukan perbandingan

Di tengah wabah corona seperti sekarang, pemerintah menganjurkan untuk tidak banyak melakukan aktifitas di luar rumah. Oleh karenanya, aplikasi pinjaman dana secara online adalah pilihan yang terbaik untuk saat ini. Tidak seperti bank Konvensional, mengajukan pinjaman dana melalui aplikasi fintech seperti ini tidak perlu pergi keluar rumah, karena semua proses bisa dilakukan dalam satu genggaman.

 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...