Susi Pudjiastuti Minta Pemerintah Tak Sepelekan Bahaya Corona

Image title
29 April 2020, 21:25
Banyak Disepelekan, Susi Pudjiastuti Minta Edukasi Corona Ditingkatkan.
ANTARA FOTO/Agus Bebeng
Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019, Susi Pudjiastuti. Susi meminta pemerintah meningkatkan edukasi terkait bahaya virus corona.

Susi Pudjiastuti meminta pemerintah meningkatkan edukasi dan sosialisasi terkait bahaya pandemi corona.  Sebab, hingga saat ini masih banyak orang yang menyepelekan wabah tersebut serta dampaknya terhadap masyarakat sekitar. 

Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014 - 2019 ini menyebut, sebagian besar masyarakat belum mengetahui cara mencegah penularan virus corona. "Banyak masyarakat belum tahu dan seharusnya sosialisasi digencarkan supaya kita tahu. Sekarang kita banyak kehilangan tokoh-tokoh masyrakat akibat virus ini, supaya mereka takut dan waspada," kata dia dalam diskusi daring di Jakarta, Rabu (29/4).

(Baca: Misteri Seputar Asal Mula Virus Corona, Banyak Teori tapi Minim Bukti)

Ke depan, dia berharap pemerintah tidak perlu lagi mengeluarkan pernyataan yang terkesan menyepelekan. Sebab, karakteristik masyarakat Indonesia yang sering menyepelekan sesuatu membuat upaya penanganan corona semakin lambat.

"Kadang-kadang masyarakat terlalu menyepelekan penyakit, apalagi ada pesan kalau Covid-19 kena panas matahari akan mati. Jangan disampaikan lagi hal itu, karena akan menambah orang yang menyepelekan persoalan ini," kata dia.

Di sisi lain, pemerintah harus menjaga kondisi psikologis masyarakat agar tak menimbulkan kepanikan.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...