Tak Terpengaruh Pandemi Corona, Ekspor Kopi ke Mesir Melonjak 21%

Rizky Alika
30 April 2020, 17:15
ekspor kopi, kementerian perdagangan, pandemi corona
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Buruh tani memanen kopi Gunung Puntang di Pegunungan Malabar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (15/3/2020). Ekspor kopi ke Mesir pada periode Januari-Februari 2020 naik 21% secara tahunan, tak terpengaruh pandemi corona.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat ekspor produk kopi ke Mesir meningkat 21% secara tahunan selama Januari-Februari 2020 meskipun terjadi pandemi global corona. Hal ini menunjukan permintaan produk kopi asal Indonesia di Mesir masih tinggi.

Beberapa eksportir kopi lndonesia juga optimistis akan tetap melakukan pengiriman kopinya sesuai kontrak dagang yang telah ditandatangani pembeli asal Mesir saat Trade Expo Indonesia (TEI) 2019. Selain itu, ada beberapa kontrak impor yang telah disepakati untuk dikirim ke Mesir pada periode April–Mei 2020.

Advertisement

“Semua kontrak dagang dengan eksportir kopi lndonesia berjalan lancar atas kolaborasi ini," kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (30/4).

Plt. Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kasan menjelaskan, pada Maret sudah terdapat 18 kontainer yang dikapalkan ke Mesir, sementara pada April sudah diekspor sebanyak 12 kontainer.

(Baca: Wishnutama Ingin Industri Kopi Nasional Jadi Tujuan Wisata Dunia)

"Ini merupakan komitmen kontrak kesepakatan dagang yang telah ditandatangani pengusaha kopi Indonesia dengan pengusaha kopi Mesir,” katanya.

Salah satu kontrak dagang tersebut yaitu antara perusahaan Egyptian Coffee Importer Group dengan PT Asal Jaya, Jawa Timur, dengan kontrak dagang senilai US$ 50 juta.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pada Februari 2020 Indonesia merupakan negara pengekspor nomor satu biji kopi ke Mesir dengan nilai ekspor sebesar US$ 12,62 juta. Nilai ini meningkat 21,75% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar US$ 10,36 juta.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement