Ada Upaya Peretasan Akun, Tokopedia Klaim Data Pengguna Aman

Image title
3 Mei 2020, 12:01
Akui Ada Upaya Peretasan, Tokopedia Pastikan Data Pengunanya Aman.
tokopedia
Ilustrasi pengguna platform Tokopedia. Tokopedia menjawab kabar peretasan akun jutaan pengguna. perusahaan menyatakan, informasi dan data pengguna dipastikan tetap aman.

Platform e-commerce Tokopedia menyatakan ada upaya peretasan dan pencurian pada data penggunanya. Meski begitu, pihak manajemen memastikan sejumlah informasi penting seperti kata sandi atau password pengguna akan tetap terlindungi.

"Saat ini, kami terus melakukan investigasi dan belum ada informasi lebih lanjut yang dapat kami sampaikan," kata VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak, Minggu (3/5).

Dia menambahkan,  Tokopedia memastikan tidak ada kebocoran data pembayaran. Seluruh transaksi dengan semua metode pembayaran, termasuk informasi kartu debit, kartu kredit dan OVO, di Tokopedia tetap terjaga keamanannya.

Pihaknya selalu berupaya menjaga kerahasiaan data pengguna. Sebab, keamanan data merupakan prioritas utama.

(Baca: Data Tokopedia Dikabarkan Diretas dan Dijual Seharga Rp 73 Juta)

Meskipun password dan informasi krusial pengguna tetap terlindungi di balik enkripsi, pengguna akun Tokopedia tetap dianjurkan mengganti password secara berkala demi keamanan.

Tokopedia juga menerapkan keamanan berlapis, termasuk dengan OTP yang hanya dapat diakses secara real time oleh pemilik akun. "Maka kami selalu mengedukasi seluruh pengguna untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapapun dan untuk alasan apapun," kata Nuraini.

Sebelumnya, data pengguna Tokopedia dikabarkan diretas dan dijual melalui situs gelap (darkweb) seharga US$ 5.000 atau sekitar Rp 73,4 juta (kurs Rp 14.600 per US$). Adapun data yang dijual berupa 91 juta catatan (records) Tokopedia yang sudah diretas.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...