AS-Tiongkok Memanas, Harga Emas Antam Turun Jadi Rp 914 Ribu per gram

Desy Setyowati
4 Mei 2020, 08:50
AS-Tiongkok Memanas, Harga Emas Antam Turun Jadi Rp 914 Ribu per gram
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi emas Antam

Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini turun Rp 2.000 menjadi Rp 914 ribu per gram. Harga logam mulia dunia pun bergerak bervariasi pada pagi, hari ini (4/5), di tengah kekhawatiran perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok yang kembali memanas.

Berdasarkan data Bloomberg, harga emas di pasar spot turun 0,19% menjadi US$ 1.697 per ons per Pukul 8.17 WIB. Sedangkan harga emas berjangka di bursa comex naik 0,25% menjadi US$ 1.705 per ons.

Advertisement

Harga emas melonjak 1% karena Presiden AS Donald Trump mengancam akan menerapkan tarif baru atas produk Tiongkok,” demikian dikutip dari Reuters, kemarin (3/5). Kondisi ini dikhawatirkan menahan pemulihan ekonomi dunia, meski jumlah kasus Covid-19 mulai menurun.

(Baca: Harga Emas Dunia Turun, Logam Mulia Antam Stagnan Rp 928 Ribu per Gram)

Trump mengaku sedang menyusun upaya pembalasan terhadap Tiongkok. Sebab, ia menilai pandemi virus corona disebabkan oleh Negeri Panda. Hal ini dikhawatirkan memicu perang dagang di antara kedua negara.

Namun, harga emas dunia sempat turun usai Bank Sentral AS, The Federal Reserve menahan suku bunga acuan pekan lalu. The Fed memutuskan untuk tidak mengubah besaran Fed Fund Rate pada rentang target 0% hingga 0,25%.

Bank Sentral AS juga berjanji akan memperluas stimulus yang diperlukan untuk membantu perekonomian. Gubernur The Fed Jerome Powell mengatakan, ekonomi AS akan merasakan beban ketakutan konsumen dan pembatasan sosial selama setahun atau lebih.

Powell juga tak berani memberikan kata-kata optimistis terkait kapan tingkat pengangguran di negara tersebut akan sepenuhnya pulih. Padahal, fase pertama pemulihan kemungkinan akan terjadi, karena beberapa negara bagian AS telah mengizinkan toko dan bahkan retoran untuk buka kembali meski dengan pengaturan yang ketat.

(Baca: Harga Emas Antam Anjlok Rp 7.000 per Gram Akibat Aksi Ambil Untung)

"Orang akan keluar dari rumah dan meningkatkan konsumsi, kita akan melihat angka pengangguran menurun dan kegiatan ekonomi meningkat," ujar Powell dikutip dari Reuters, akhir pekan lalu (30/4).

Kendati begitu, harga emas dinilai tetap berpeluang menanjak seiring risiko ekonomi yang masih ada di depan mata. "Emas hanya memiliki sentimen risiko dari bursa saham. Ada beberapa aksi ambil untung dan banyak orang mereposisikan ulang portofolio emas mereka," ujar Head of Treader di US Global Investors.

Di dalam negeri, berdasarkan situs logammulia.com, harga emas Antam justru turun Rp 2.000 menjadi Rp 914 ribu per gram. Begitu juga dengan harga penjualan kembali (buyback) turun Rp 4.000 menjadi Rp 813 ribu per gram.

(Baca: Terburuk sejak "Depresi Besar", IMF Ramal Ekonomi Tahun Ini Minus 3%)

Harga emas batangan Antam di Butik Logam Mulia berdasarkan data logammulia.com pada Senin (4/5) sebagai berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement