Kominfo: Nomor Ponsel & E-mail Pengguna Tokopedia Kemungkinan Dibobol

Fahmi Ahmad Burhan
4 Mei 2020, 16:19
tokopedia, kominfo, kementerian komunikasi dan informatika, badan siber dan sandi negara
tokopedia
Ilustrasi, platform Tokopedia. Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan sebagian informasi terkait pengguna Tokopedia telah dibobol oleh peretas.

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyelidiki informasi kebocoran data pengguna Tokopedia. Kominfo menyatakan sebagian informasi pengguna e-commerce itu kemungkinan sudah diretas.

Menteri Kominfo Johnny G Plate mengatakan pihaknya telah mengevaluasi sistem keamanan Tokopedia bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Hasilnya, security system milik Tokopedia belum bisa diterobos.

Advertisement

Namun, data pribadi milik pengguna seperti nama, nomor ponsel, dan e-mail kemungkinan sudah dibobol.  "Data-data keuangan dan akun pelanggan aman. Walupun, sebagian data barangkali sudah dimasuki peretas," kata Johnny dalam video conference pada Senin (4/5).

Ia pun meminta Tokopedia mengevaluasi secara mendalam sistem keamanannya. Di sisi lain, dia meminta masyarakat mengubah kata sandi akun Tokopedia. 

Ke depan, Kominfo akan mengumumkan hasil penyelidikan secara menyeluruh setelah evaluasi bersama dengan BSSN dan Tokopedia. 

(Baca: Tokopedia Dikabarkan Dibobol, Warganet Malah Soroti Keamanan Bukalapak)

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement