Tak Ingin Corona Menyebar, Gugus Tugas Ingatkan Masyarakat Tidak Mudik

Dimas Jarot Bayu
4 Mei 2020, 16:32
Ilustrasi, aktivitas mudik. Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo kembali mengingatkan agar masyarakat tidak mudik guna mencegah timbulnya persoalan virus corona di daerah.
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/foc.
Ilustrasi, aktivitas mudik. Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo kembali mengingatkan agar masyarakat tidak mudik guna mencegah timbulnya persoalan virus corona di daerah.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kembali meminta masyarakat untuk tidak mudik. Sebab, aktivitas ini berpotensi meningkatkan kasus positif virus corona di daerah.

"Ada beberapa daerah yang hingga saat ini tidak mengalami peningkatan kasus positif virus corona. Jangan sampai gara-gara kehadiran pemudik malah menimbulkan persoalan baru," kata Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo usai rapat terbatas melalui video conference, Senin (4/5).

Advertisement

Kehadiran pemudik dikhawatirkan justru menimbulkan kasus baru di daerah-daerah yang sebelumnya telah mampu mengontrol laju virus corona. Jika hal ini terjadi, maka akan menyulitkan tenaga kesehatan, karena kemampuan dan ketersediaan tenaga kesehatan tiap daerah berbeda.

Sebagai gambaran, jumlah dokter spesialis paru di Indonesia tercatat hanya sebanyak 1.973 orang, artinya satu dokter spesialis paru harus melayani 1,2 juta warga Indonesia. Jumlahnya juga tidak tersebar merata di seluruh Indonesia, di mana ada beberapa daerah bahkan tidak memiliki dokter spesialis paru.

Atas dasar itulah, Doni meminta masyarakat ikut menjaga kesehatan para dokter yang ada di daerah. Para dokter harus memiliki waktu yang cukup untuk istirahat agar imunitasnya tidak menurun dan tidak ikut terpapar virus corona.

Jika dokter dan tenaga kesehatan lain ikut terpapar corona karena masyarakat tetap mudik, maka upaya penanganan corona, khususnya di daerah akan semakin sulit dilakukan.

(Baca: Gugus Tugas Covid-19 Klaim Laju Positif Corona Turun 11% Berkat PSBB)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement