Bill Gates Sebut Uji Massal Covid-19 di Asia Lebih Baik Ketimbang AS

Desy Setyowati
5 Mei 2020, 12:49
Bill Gates Sebut Uji Massal Covid-19 di Asia Lebih Baik Ketimbang AS
Arief Kamaludin|KATADATA
IPendiri Microsoft Bill Gates

Pendiri Microsoft, Bill Gates menilai kemampuan Amerika Serikat (AS) melakukan pengujian massal virus corona dan pelacakan kontak kalah dibanding negara-negara di Asia. Sebab, AS tidak memprioritaskan siapa yang dites.

Ia pun membandingkan pemerintahan Donald Trump dengan George W Bush. Bush bahkan bisa ikut menangani epidemi AIDS yang melanda Afrika Sub-sahara hampir dua dekade lalu.

“Orang-orang berharap untuk kepemimpinan AS. Ini masih menjadi peluang yang belum kita rebut,” kata Gates dikutip dari Washington Post, akhir pekan lalu (3/5). "Vakum menunggu AS untuk turun tangan dan membantu, masih ada peluang besar di sana."

(Baca: Saran Bill Gates agar AS Terhindar dari Gelombang Kedua Pandemi Corona)

Dalam wawancara khusus dengan CNN Internasional, Gates juga menilai kemampuan AS dalam melakukan pengujian massal Covid-19 belum cukup baik. Pemerintah AS tidak memastikan warga positif atau negatif dalam 24 jam.

“Sistem kami gagal menerapkan prioritas yang akan memberi kami gambaran akurat tentang apa yang sedang terjadi,” kata Gates dikutip dari CNN Internasional. "Pengujian di Asia lebih bagus dibanding AS."

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...