Pemerintah Siapkan Insentif Rp 5,2 T untuk Tenaga Medis Tangani Corona

Rizky Alika
6 Mei 2020, 09:38
Pemerintah Siapkan Insentif Rp 5,2 T untuk Tenaga Medis Tangani Corona
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/hp.
Ilustrasi, petugas melakukan pemeriksaan cepat Covid-19 (Rapid Test) kepada warga yang terjaring razia di Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Selasa (5/5/2020).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengalokasikan anggaran dalam rangka penanganan pandemi corona berupa dana siap pakai. Dari dana ini, pemerintah menyiapkan insentif untuk tenaga kesehatan sebesar Rp 5,2 triliun.

"Pembiayaan di bidang kesehatan diberikan dalam rangka pembayaran klaim pasien, insentif tenaga kesehatan dan santunan kematian tenaga kesehatan," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Oscar Primadi dalam rapat gabungan dengan DPR, kemarin (5/5).

Selain insentif tenaga kesehatan, pemerintah menyiapkan biaya klaim rawat inap pasien positif virus corona Rp 45 triliun. Kemudian, insentif untuk tenaga kesehatan disiapkan Rp 300 miliar.

(Baca: IDI: 50% Dokter Konsulen dan Pendidikan Spesialis Terinfeksi Covid-19)

Dana tersebut berasal dari anggaran milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Alokasi dana ini juga telah dikoordinasikan dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Pemberian insentif dan santunan kematian bagi tenaga kesehatan yang menangani corona telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/278/2020. Besarannya yakni untuk Dokter Spesialis Rp 15 juta, Dokter Umum dan Gigi Rp 10 juta, bidan dan perawat Rp 7,5 juta, dan tenaga medis lainnya Rp 5 juta.

Sedangkan insentif untuk tenaga kesehatan di KKP, BTKL-PP, dan BBTKL-PP, dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota, puskesmas dan laboratorium yang ditetapkan oleh Kemenkes, setinggi-setingginya Rp 5 juta.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...