Saham Astra dan Telkom Dilego Investor Asing, IHSG Turun 0,46%

Image title
6 Mei 2020, 16:58
ihsg hari ini, saham telkom, saham astra, modal asing, pertumbuhan ekonomi
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/wsj.
IHSG hari ini, Rabu (6/5) turun 0,46% ke level 4.608,79. Aliran modal asing yang keluar hingga Rp 347 miliar turut membebani laju indeks.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup turun 0,46% ke level 4.608,79 pada perdagangan Rabu (6/5). Koreksi indeks merespon data pertumbuhan ekonomi Indonesia yang melambat cukup signifikan dan jauh di bawah proyeksi pemerintah, imbas pandemi corona.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan pelemahan IHSG hari ini karena investor waspada terhadap turbulensi pada pertumbuhan ekonomi karena covid-19. BPS mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2020 hanya mencapai 2,97%, lebih rendah dari proyeksi pemerintah sebesar 4,6%.

"Indonesia memiliki jumlah infeksi virus corona tertinggi kedua di Asia yang membuat pemerintah terus berupaya menahan penyebarannya, mulai terlihat dampaknya terhadap ekonomi," kata Lanjar dalam risetnya sore ini.

Turunnya indeks hari ini, diikuti oleh derasnya aliran modal asing keluar dengan penjualan bersih alias net sell saham mencapai Rp 347,43 miliar di pasar reguler. Saham PT Astra International Tbk (ASII) paling banyak dilepas investor asing dengan net sell Rp 113,84 miliar.

(Baca: Saham Unggulan Rontok, IHSG Sesi Satu Turun 0,63%)

Selain itu, saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) juga ramai dilego oleh investor asing dengan net sell mencapai Rp 87,05 miliar. Kemudian saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) juga dilepas investor asing dengan net sell mencapai Rp 56,92 miliar.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...