Surat Utang Global Bank Mandiri Rp 7,6 Triliun Kebanjiran Peminat

Image title
6 Mei 2020, 21:00
obligasi, global bond, bank mandiri, surat utang
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Bank Mandiri sukses meraup dana Rp 7,56 triliun atau US$ 500 juta dari penerbitan obligasi global berdenominasi dolar AS.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) sukses menerbitkan surat utang atau obligasi berdenominasi dolar Amerika Serikat (AS) alias global bond pada Selasa (5/5). Bank pelat merah ini berhasil meraup dana segar US$ 500 juta atau sekitar Rp 7,56 triliun.

Dalam proses penawarannya, obligasi Bank Mandiri ini kebanjiran peminat dengan mencatatkan kelebihan permintaan (oversubscribed) hampir 5 kali. Total permintaan investor mencapai US$ 2,4 miliar atau sekitar Rp 36,31 triliun.

"Di tengah kondisi pasar global yang tidak pasti, banyaknya minat investor terhadap global bond yang diterbitkan BUMN ini menjadi bukti bahwa Indonesia menjadi salah satu tujuan investasi menarik di dunia," kata Menteri BUMN Erick Thohir.

Untuk itu, Erick Thohir mendorong kepada BUMN lain untuk terus kreatif dalam mencari pendanaan. Tidak hanya mengandalkan kucuran dana dari perbankan, penerbitan obligasi dalam dolar ini juga patut untuk ditiru.

(Baca: Laba Bersih Melambat, Dividen Bank Mandiri Malah Naik Jadi Rp 16,5 T)

Adapun investor yang paling banyak membeli instrumen surat utang bank pelat merah ini mayoritas berasal dari Asia yakni mencapai 66%. Sisanya adalah investor dari negara-negara di kawasan Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan AS.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...