Lockdown Diperlonggar, Harga Emas Antam Turun Jadi Rp 911 Ribu/Gram

Desy Setyowati
9 Mei 2020, 08:52
Lockdown Diperlonggar, Harga Emas Antam Turun Jadi Rp 911 Ribu/Gram
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi emas Antam

Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini turun Rp 7.000 menjadi Rp 911 ribu per gram. Harga logam mulia dunia pun turun pada penutupan perdagangan kemarin, karena beberapa negara mulai memperlonggar kebijakan karantina wilayah (lockdown) seiring berkurangnya jumlah kasus positif virus corona.

Berdasarkan data Bloomberg, harga emas di pasar spot turun 0,78% menjadi US$ 1.702 pada penutupan perdagangan kemarin. Sedangkan harga emas berjangka di bursa comex naik 0,69% menjadi US$ 1.713 per ons.

Pelemahan terjadi seiring optimisme investor bahwa aktivitas ekonom akan segera dibuka, seiring menurunnya jumlah penambahan kasus positif Covid-19. Selain itu, angka pengangguran di Amerika Serikat (AS) hanya 14,7%, atau lebih rendah dari perkiraan pasar 16%.

"Meskipun jumlah pekerjaan jelas dramatis angka terburuk yang pernah ada, di balik itu kami melihat sedikit optimisme dengan ekonomi yang dibuka kembali perlahan," kata Director of metals trading at High Ridge Futures David Meger dikutip dari Reuters, Sabtu (9/5).

Optimisme terhadap perekonomian di tengah pandemi corona tersebut membuat harga emas turun. Meski begitu, harganya meningkat 0,3% selama sepekan ini.

(Baca: Efek Pelonggaran Lockdown, Harga Emas Antam Stagnan Rp 913 Ribu/Gram)

Kendati begitu, UBS Investment Bank memprediksi harga emas di level US$ 1.790 per ons atau menyentuh rekor baru. “Minat investor terus tumbuh di tengah ketidakpastian dan tingkat riil yang negatif ini," kata Precious metal strategist dari UBS Investment Bank Joni Teves dikutip dari CNBC Internasional

David Lennox dari Fat Prophets pun menilai, daya ungkit harga emas yakni tindakan pemerintah dan bank sentral. Besarnya anggaran yang dikeluarkan beberapa negara untuk merangsang eknonomi akibat virus corona, menimbulkan kekhawatiran atas utang di masa depan.

Di dalam negeri, berdasarkan situs logammulia.com, harga emas Antam turun Rp 7.000 Rp 911 ribu per gram. Harga penjualan kembali (buyback) juga turun Rp 7.000 menjadi Rp 812 ribu per gram.

(Baca: Harga Emas Diramal Tembus Rekor, Logam Mulia Antam Rp 913 Ribu/Gram)

Harga emas batangan Antam di Butik Logam Mulia berdasarkan data logammulia.com pada Sabtu (9/5) sebagai berikut:

Emas batangan 0,5 gram Rp 480.000

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...