Peneliti Hong Kong: Kombinasi 3 Obat Efektif Atasi Sakit Corona Sedang

Desy Setyowati
9 Mei 2020, 11:42
Peneliti Hong Kong: Kombinasi 3 Obat Efektif Atasi Sakit Corona Sedang
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/pras.
Ilustrasi, petugas medis mengamati sampel darah dari pekerja yang mengikuti rapid test atau pemeriksaan cepat COVID-19 di Aula Serba Guna Kementerian Tenaga Kerja, Jakarta, Jumat (1/5/2020).

Para peneliti Hong Kong mengkaji penggunaan tiga obat yang dikombinasikan untuk menyembuhkan pasien terinfeksi virus corona. Hasilnya, pasien yang sakit ringan hingga sedang lebih cepat pulih ketimbang yang tidak mengonsumsi ketiga obat antivirus ini.

Ketiga obat yang dikombinasikan yakni interferon beta-1b untuk mengobati multiple sclerosis, HIV lopinavir-ritonavir, dan ribavirin untuk hepatitis. Profesor di Universitas Hong Kong Kwok-Yung Yuen mengatakan, ini baru temuan awal. “Tetapi penting,” kata dia dikutip dari AFP, Sabtu (9/5).

Penelitian melibatkan 127 pasien dewasa yang terinfeksi virus corona selama dua minggu, mulai dari 10 Februari hingga 20 Maret. Sebanyak 86 di antaranya diberikan kombinasi ketiga obat tersebut. Lalu, 41 pasien lainnya diberikan lopinavir-ritonavir.

(Baca: Kementan Luncurkan Antivirus Corona Berbahan Eucalyptus)

Pengobatan rata-rata lima hari setelah gejala terlihat. Semua pasien dinyatakan menerima perawatan standar, termasuk terapi oksigen.

Para peneliti kemudian mengukur berapa lama hasil tes swab negatif Covid-19. Hasilnya, pasien yang mengonsumsi ketiga obat ini, rata-rata sembuh dari virus corona selama tujuh hari.

Sedangkan pasien yang tidak mengonsumsi ketiga obat ini rerata dinyatakan negatif setelah 12 hari dirawat. “Ini signifikan (lebih cepat),” kata Yuen.

Ketiga obat tersebut dinilai bisa mengurangi gejala Covid-19 dalam empat hari. Juga lebih cepat dibanding yang tidak mengonsumsi, rerata delapan hari perawatan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...