Doni Monardo: Usia di Bawah 45 Tahun Bisa Kerja Lagi di Luar Rumah

Dimas Jarot Bayu
11 Mei 2020, 14:03
RAPID TEST SISTEM DRIVE THRU
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/wsj.
Petugas medis mengambil sampel darah pengguna kendaraan saat tes diagnostik cepat (rapid test) COVID-19 dengan sistem "drive thru" di Waru, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (11/5/2020).

Pemerintah akan memberi kesempatan kelompok muda yang berusia di bawah 45 tahun untuk kembali beraktivitas di luar rumah, meski pandemi corona atau Covid-19 belum selesai. Tujuannya agar kelompok usia produktif tersebut tidak kehilangan pekerjaan.

"Kelompok ini tentunya kami berikan ruang untuk beraktivitas lebih banyak lagi, sehingga potensi terkapar karena PHK akan bisa kami kurangi," kata Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo usai rapat terbatas melalui konferensi video, Senin (11/5).

(Baca: Epidemiolog Sebut Risiko Tinggi Bila Buka Mal dan Sekolah pada Juni )

Doni mengatakan, kelompok muda berusia di bawah 45 tahun tak rentan terhadap corona. Dia merujuk pada data yang menyebutkan angka kematian akibat corona dari kelompok muda berusia di bawah 45 tahun sebanyak 15%. Angka kematian tertinggi yakni 45% berasal dari kelompok usia 60 tahun ke atas.  

"Kemudian 40% berusia 46 tahun sampai dengan 59 tahun, tetapi memiliki penyakit penyerta atau komorbid, antara lain hipertensi, diabetes, jantung, dan penyakit paru obstruktif kronis yang biasanya karena kebiasaan merokok," kata Doni.

(Baca: Jokowi: Ada Kemajuan Signifikan dalam Riset Penanganan Corona di RI)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...