Cegah Penularan Corona, Menkes Terawan Setujui PSBB Malang Raya

Ameidyo Daud Nasution
12 Mei 2020, 21:29
virus corona, psbb, malang raya
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto /foc.
Petugas melakukan tes cepat COVID-19 kepada seorang atlet di Kantor KONI, Malang, Jawa Timur, Selasa (12/5/2020). Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (11/5) telah menyetujui pemberlakuan PSBB Malang Raya.

Jumlah daerah yang melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akan bertambah. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah menyetujui kawasan Malang Raya untuk melaksanakan pembatasan guna mencegah penularan virus corona Covid-19.

Payung hukum PSBB tertuang pada Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/305/2020 yang diteken Senin (11/5). Pembatasan akan berlaku di tiga wilayah yakni Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

Dalam surat tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan PSBB Malang Raya akan berlaku dalam tiga tahapan. Pertama adalah sosialisasi, kedua imbauan, dan ketiga adalah tahap penindakan.

"Kami berharap penerapan PSBB bisa lebih efektif dalam memutus penularan Covid-19, mengingat kami sudah memiliki pengalaman PSBB di Surabaya Raya," kata Khofifah di Surabaya, Selasa (12/5).

(Baca: Tak Harus PSBB, Daerah Boleh Pakai Pendekatan Lain untuk Tekan Corona)

Pengajuan PSBB ini adalah kesepakatan Khofifah dan kepala daerah di wilayah Malang Raya berdasarkan kajian epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. Khofifah berharap tiga daerah dapat konsisten melaksanakan PSBB.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...