Penjualan Turun 85% saat PSBB, Peretail Pangkas Target Pertumbuhan

Image title
12 Mei 2020, 18:19
Penjualan Turun Drastis saat PSBB, Peretail Pangkas Target Pertumbuhan.
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Suasana di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Minggu (16/6/2019). Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) memangkas target pertumbuhan industri tahun ini hanya 4% dari 9% akibat menurunnya penjualan selama pandemi corona dan PSBB.

Pandemi corona yang diikuti penerapan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) memukul sebagian besar pelaku usaha industri retail. Tutupnya mal atau pusat belanja, selama hampir  dua bulan terahir menyebabkan omzet peretail anjlok hingga 85%.

Akibat lesunya penjualan, target pertumbuhan  industri pun dipangkas dari yang sebelumnya 9%, kini direvisi menjadi tinggal 4%

 Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey mengatakan, industri retail terus menghadapi  tekanan sejak kuartal pertama 2020. Di awali musim banjir  DKI Jakarta pada awal tahun yang mennyebabkan penjualan retail tergerus 40%.

(Baca: Kontrak Sewa Habis, Lotte Mart Ratu Plaza Akan Tutup 1 Juni 2020)

Tekanan berikutnya datang pada Maret hingga saat ini yang menyebabkan omzet penjualan peretail hilang 85% - 90%, terutama pada gerai-gerai yang berada dalam mal dan terdampak penutupan akibat PSBB.

Adapun penjualan retail melalui platform online pun menurutnya tak berdampak signifikan, karena hanya menyumbang 10-15% terhadap total transaksi gerai. 

Sedangkan katagori tak terdampak penutupan atau gerai yang berada di luar mal seperti supermarket, hypermarket dan minimarket, terjadi penuruna omzet sekitar 50% dibandingkan pada saat kondisi normal. Adapun pendapatan gerai ini masih bisa ditopang oleh penjualan makanan minuman dan kebutuhan pokok. 

(Baca: Pandemi Mengubah Lanskap Gerai Retail, Siapa yang Diuntungkan?)

"Akibat adanya wabah ini, maka kami merevisi ulang target pertumbuhan retail yang tahun lalu bisa antara 8,5% - 9%, tahun ini mungkin hanya di angka 4% - 5%" kata Roy kepada katadata.co.id, Selasa (12/5).

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...