Suku Bunga Deposito Masih Menarik, Tertinggi Mencapai 6,3%

Image title
12 Mei 2020, 09:14
Ilustrasi, mata uang rupiah. Suku bunga deposito rupiah tercatat masih cukup menarik, dengan besaran rata-rata untuk tenor 1 tahun sebesar 5,4%.
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Ilustrasi, mata uang rupiah. Suku bunga deposito rupiah tercatat masih cukup menarik, dengan besaran rata-rata untuk tenor 1 tahun sebesar 5,4%.

Bunga deposito perbankan tercatat masih menarik di era suku bunga rendah seperti saat ini. Tercatat, suku bunga deposito tertinggi adalah 6,3%.

Mengutip Pusat Data Kontan, rata-rata suku bunga deposito rupiah per 11 Mei 2020 untuk tenor 1 tahun tercatat sebesar 5,4%. Sementara, untuk tenor 1 bulan, 3 bulan dan 6 bulan masing-masing sebesar 5,4%, 5,6%, dan 5,5%.

Untuk tenor 1 tahun, bunga deposito terbesar dicatatkan oleh Bank Mayora, yakni 6,3%. Diikuti oleh Bank Bukopin di posisi kedua, yang menawarkan suku bunga sebesar 5,9%. Kemudian, Bank DBS Indonesia dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) masing-masing mematok suku bunga deposito sebesar 5,6%.

Sementara, bunga deposito terendah dicatatkan oleh Deutsche Bank AG dan Bank ANZ Indonesia, masing-masing sebesar 2,9%. Diikuti oleh Bank Central Asia (BCA) dan Standard Chartered Bank, masing-masing sebesar 4,1% dan 4,3%.

Untuk tenor 1 bulan, suku bunga deposito terbesar dicatatkan oleh Bank Tabungan Negara, sebesar 5,9%. Diikuti oleh Bank Mayora dan Bank Mega, dengan besaran suku bunga deposito masing-masing 5,8% dan 5,7%.

(Baca: Bank Telat Bayar Premi LPS Tak Bakal Kena Denda)

Untuk tenor 3 bulan, BTN merupakan bank yang mematok suku bunga deposito terbesar, yakni 5,9%. Diikuti oleh Bank Mayoran dan Bank Mega, yang mematok suku bunga deposito masing-masing 5,8%.

Sementara, untuk tenor 6 bulan, Bank Mayora tercatat sebagai bank dengan suku bunga deposito terbesar, yakni 6,3%. Diikuti oleh Bank Bukopin dan BTN, dengan suku bunga deposito masing-masing sebesar 5,8%.

Dari bank yang masuk kategori Bank Umum Kelompok Usaha 4 atau BUKU 4, suku bunga deposito 1 tahun terbesar dicatatkan oleh BRI, sebesar 5,4%.

Diikuti oleh Bank CIMB Niaga dan Bank Negara Indonesia (BNI), masing-masing 5,1% dan 5%. Sedangkan, Bank Mandiri dan BCA tercatat mematok suku bunga deposito 1 tahun sebesar 4,9% dan 4,1%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...