Kejaksaan Periksa Pejabat OJK untuk Dalami Bukti Kasus Jiwasraya

Image title
13 Mei 2020, 21:16
kejaksaan, otoritas jasa keuangan, OJK, jiwasraya, korupsi
Adi Maulana Ibrahim | KATADATA
Ilustrasi, logo Asuransi Jiwasraya. Kejaksaan Agung kembali memeriksa pejabat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam kasus dugaan korupsi Jiwasraya.

Kejaksaan Agung kembali memeriksa petinggi Otoritas Jasa Keuangan dalam kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya. Pejabat OJK tersebut diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi bukti tersangka Joko Hartono Tirto alias JHT.

Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Hari Setiyono mengatakan ada empat saksi yang dipanggil pada Rabu (13/5), yaitu Kepala Departeman Pengawasan Pasar Modal 2A Yunita Linda Sari, Direktur Eksekutif Pasar Modal Agus Saptarina, Kepala Bagian Pengawasan Perusahaan Efek Ninik, dan Anggota Tim Pemeriksa Transaksi Efek Agusti Cahya Britan Eka Putri.

Mereka diperiksa menggunakan protokol pencegahan penularan virus corona. "Keempat saksi diperiksa untuk pembuktian berkas perkara atas nama tersangka Joko Hartono Tirto," kata Hari melalui siaran pers, Rabu (13/5).

Menurut dia, pejabat OJK yang diperiksa mempunyai wewenang untuk mengawasi dan memeriksa proses jual beli saham dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi Asuransi Jiwasraya. Dengan pemeriksaan tersebut, diharapkan seluruh bukti-bukti perkara ini dapat segera terkumpul untuk dilimpahkan ke pengadilan.

Kejaksaan juga telah memeriksa dua pejabat OJK sebagai saksi JHT pada Selasa (12/5). Saksi-saksi yang diperiksa atau diminta keterangannya yaitu Cherry Riandiana sebagai anggota Tim Pemeriksa Transaksi Efek pada OJK dan Vendy Sukmawan sebagai anggota Tim Pemeriksa Transaksi Efek pada OJK.

(Baca: Kejaksaan Periksa 4 Saksi Kasus Jiwasraya di Tengah Pandemi Corona)

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...