Kemenhub Usut Dugaan Maskapai Tak Batasi Penumpang di Bandara Soetta

Image title
14 Mei 2020, 15:16
penumpang membeludak, bandara soetta,
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Klas 1 Soetta memeriksa suhu tubuh seorang penumpang yang berasal dari Singapura setibanya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (10/2/2020).

Kementerian Perhubungan atau Kemenhub bakal menginvestigasi penumpukan atau membeludaknya antrean penumpang di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (14/5) pagi. Peristiwa penumpukan penumpang tersebut diduga melanggar Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 18 Tahun 2020 yang membatasi jumlah penumpang paling banyak 50% dari kapasitas pesawat.

“Pagi ini kami menindaklanjuti dengan memerintahkan inspektur penerbangan untuk menginvestigasi lebih lanjut hal tersebut,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto, dikutip dari siaran pers, hari ini.

(Baca: 13 Rute Penerbangan Bersamaan, Penumpang Membeludak di Bandara Soetta)

Kemenhub menerima laporan mengenai maskapai yang diduga tidak menerapkan aturan pembatasan penumpang. Untuk itu kementerian akan menginvestigasi mendalam untuk mendapatkan fakta dan bukti.

Seluruh maskapai penerbangan yang terbukti melanggar ketentuan pembatasan penumpang akan ditindak tegas dengan pemberian sanksi.  

Untuk memutus rantai penularan virus corona, Novie mengimbau seluruh operator penerbangan untuk tetap mematuhi peraturan yang berlaku. Keselamatan penumpang harus menjadi prioritas maskapai dan operator bandara.

Protokol kesehatan juga harus dilaksanakan oleh seluruh stakeholder penerbangan dan tindakan tegas akan diberikan kepada operator penerbangan yang tidak menerapkan peraturan. “Begitu terbukti melanggar aturan, kami akan terapkan sanksi tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku,” kata dia.

(Baca: Antrean Sempat Membludak di Terminal 2 Bandara Soetta)

Di media sosial viral beredar foto antrean penumpang membeludak di bandara Soekarno-Hatta. Salah satunya disebar akun instagram @Jktinfo, yang menunjukkan foto ratusan penumpang tampak terlihat antre di depan loket tanpa berjaga jarak.

Antrean penumpang di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta membludak pada Kamis (14/5) pagi. Penyebabnya, sebanyak 13 rute penerbangan dibuka berbarengan pada pukul 04.00 - 05.00 WIB.

Senior Manager Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga menyatakan pihaknya telah berupaya mengatur antrean namun calon penumpang pesawat yang datang cukup banyak di Terminal 2 Gate 4.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...