Luhut Sebut Rencana Longgarkan Pembatasan Sosial di Beberapa Daerah

Ameidyo Daud Nasution
14 Mei 2020, 21:46
luhut pandjaitan, virus corona, pembatasan
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020). Luhut menyampaikan (14/5) rencana pelonggaran pembatasan di beberapa wilayah dengan kasus virus corona rendah.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah berencana melonggarkan pembatasan aktivitas di sejumlah wilayah yang telah mengalami penurunan kasus virus corona Covid-19. Hal tersebut akan dimulai di daerah dengan angka penularan corona rendah.

Luhut menjelaskan beberapa daerah seperti Yogyakarta, Manado, serta Bali berpotensi dilonggarkan pembatasannya supaya kegiatan ekonomi berjalan. Namun dia menyatakan rencana ini masih tergantung kondisi penularan penyakit tersebut dalam dua pekan mendatang.  

“Atau mungkin di Batam atau Bintan yang kasusnya sangat kecil,” kata Luhut di Jakarta, Kamis (14/5).

(Baca: Kasus Covid-19 Terus Bertambah, Pemerintah Sebut Belum Longgarkan PSBB)

Lima wilayah yang disinggung Luhut itu tak melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan persetujuan Kementerian Kesehatan. Sebagai contoh, Bali baru memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) bulan ini. Sedangkan Manado telah menjalankan pembatasan dengan payung hukum Peraturan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 8 Tahun 2020.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...