Inalum Dukung PTBA Lanjutkan Proyek Gasifikasi Batu Bara

Image title
15 Mei 2020, 20:11
inalum, ptba, batu bara, bumn, pertambangan
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ilustrasi, kapal tongkang mengangkut batu bara. Inalum sebagai holding BUMN pertambangan mendukung PTBA melanjutkan proyek gasifikasi batu bara asalkan mencapai nilai keekonomian.

PT Indonesia Asahan Alumunium atau Inalum sebagai induk holding  BUMN pertambangan mendukung proyek gasifikasi batu bara PT Bukit Asam Tbk atau PTBA dengan Air Products. Namun, perusahaan ingin proyek tersebut dijalankan jika telah mencapai nilai keekonomian.

Direktur Utama MIND ID, Orias Petrus Moedak mengatakan proyek tersebut sebenarnya bisa memberikan dampak yang positif bagi perusahaan. Apalagi, perusahaan ingin berekspansi di bisnis hilirisasi pertambangan minerba.

"Kalau dari kami mendukung selama proyek itu masuk keekonomian. Ini bagian dari rencana mereka dalam kegiatan hilirisasi, kami dukung, tapi pelaksanannya tergantung PTBA," ujar Orias dalam Konferensi Pers virtual, Jumat (15/5).

Sebelumnya, PTBA berencana menandatangani perjanjian final kerja sama pembangunan proyek gasifikasi. Penandatanganan dilakukan antara PTBA, Pertamina dan Air Products yang merupakan perusahaan asal Amerika Serikat.

Kegiatan itu rencananya digelar berbarengan dengan kedatangan Presiden Joko Widodo di perhelatan ASEAN-US Special Summit pada 14 Maret 2020. Namun, Ameriksa Serikat menunda pertemuan dengan para pemimpin negara di Asia Tenggara karena pandemi corona.

Jika perjanjian kerja sama berhasil dilaksanakan, ketiga perusahaan akan membentuk perusahaan patungan atau joint vanture. Rencananya, Air Product akan menjadi pemegang saham mayoritas dalam perusahaan tersebut.

 Adapun, proyek gasifikasi batu bara itu bakal dibangun di Tanjung Enim, Sumatera Selatan. PTBA tengah menyelesaikan desain awal atau Front and Engineering Design (FEED).

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...