Nyaris Tak Ada Permintaan Selama Pandemi, Penjualan Mobil Anjlok 90%

Image title
Oleh Ekarina
15 Mei 2020, 18:58
Nyaris Tak Ada Permintaan Selama Pandemi, Penjualan Mobil Anjlok 90%.
ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Jejeran mobil yang siap diekspor di IPC Car Terminal, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (11/7/2019). Gaikindo mencatat penjualan mobil pada April menurunan drastis di kisaran 7 ribu unit akibat pandemi corona.

Pandemi corona memberi pukulan telak ke sektor otomotif. Penjualan kendaraan periode April 2020 turun hingga 90,6% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya akibat melemahnya daya beli masyakat dan minimnya permintaan. 

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, pejualan mobil periode April 2020 anjlok 90,6% menjadi hanya 7,871 unit dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 84.056 unit.

Advertisement

Penjualan mobil nasional pada April bahkan lebih rendah dibanding bulan sebelumnya yang mencapai 76. 811 unit.

(Baca: Babak Belur Industri Otomotif Dihantam Pandemi Corona)

"Alasannya karena Covid-19 dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB)," kata  Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto kepada katadata.co.id, Jumat (15/5). 

Seperti diketahui, selama masa PSBB, sejumlah pabrik dan aktivitas masyakat di luar rumah berhenti sementara untuk mencegah penularan virus corona. Beberapa pabrikan yang diketahui menyetop sementara operasinya yaitu PT Honda Prospect Motor (HPM) dan PT Suzuki Indomobil Motor.

Namun, Jongkie menjelaskan stok  kendaraan sebenarnya masih cukup untuk memenuhi permintaan di dalam negeri maupun ekspor. Hanya saja, di masa pandemi permintaan kendaraan turun signifikan. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement