Misteri di Balik Kematian Dubes Tiongkok Untuk Israel

Image title
18 Mei 2020, 16:56
Kematian dubes Tiongkok untuk Israel dikaitkan dengan kritiknya terhadap Menlu AS Mike Pompeo.
ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque/File Foto
Pemimpin Tiongkok dan AS makan bersama di ktt pemimpin negara G20 di Buenos Aires, Argentina, Sabtu (1/12). Kematian dubes Tiongkok untuk Israel dikaitkan dengan kritiknya terhadap Menlu AS Mike Pompeo.

Duta Besar atau dubes Tiongkok untuk Israel, Du Wei ditemukan tewas di rumah dinasnya di Tel Aviv kemarin (17/5) pagi. Ia meninggal dalam usia 57 tahun. Melansir media Israel Haaretz, ia ditemukan tewas oleh stafnya.

Meskipun begitu, Juru Bicara kepolisian Israel, Micky Rosenfeld menyatakan belum dapat meastikan penyebab kematian Du. Dugaan sementara adalah karena gangguan penyakit kardiovaskular. Sebab tak ada tanda-tanda kekerasan. Du pun ditemukan meninggal saat sedang tidur.

Advertisement

Du adalah dubes baru yang dikirim Tiongkok ke Israel. Ia datang pada Februari dan harus menjalani karantina selama 14 hari sehubungan dengan protokol covid-19. Sebelumnya ia bertugas di Estonia dan sempat menjadi staf di Kedutaan Besar Tiongkok untuk Uni Soviet pada 1990.

Saat pertama kali datang, seperti dilansir Haaretz, Du berharap dapat memperkuat hubungan diplomatik antara Tiongkok dan Israel yang selama ini memang baik. Ia pun sempat menyinggung penanganan covid-19 di negerinya.

Menurut Du, rezim Beijing telah sangat serius menangani pandemi tersebut dan mengajak Israel untuk tak terlibat mengkambinghitamkan pihak tertentu atas penyebaran covid-19. Karena, covid-19 adalah musuh semua umat manusia dan dunia harus bertarung bersama.

(Baca: Dubes Tiongkok Ditemukan Meninggal di Rumah Dinas, di Tel Aviv, Israel)

Pernyataan Du ini dianggap sebagai sindiran untuk Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang terus menyalahkan Tiongkok sebagai biang pandemi corona. Salah satu pernyataan Trump adalah menyebut covid-19 berasal dari sebuah laboratorium virologi di Wuhan, Tiongkok dan mengklaim memiliki bukti kuat atas hal ini.    

Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri Israel, Yuval Rotem mengaku telah berbicara dengan Wakil Duta Besar Tiongkok untuk menyampaikan belasungkawa dan berjanji membantu segala keperluan kedubes Tiongkok.

Akibat kematian Du, Kementerian Luar Negeri Israel pun mendapat telepon dari duta besar di seluruh dunia yang memiliki hubungan diplomatik dengan negara ini. Mereka mempertanyakan penyebab kematian Du dan meminta pemerintah Israel segera memastikannya.

(Baca: AS Perpanjang Larangan Penggunaan Produk Huawei Hingga 2021)

Dikaitkan dengan Kritik ke Mike Pompeo

Ketidakjelasan kematian Du telah menyebabkan spekulasi dan konsipirasi. Melansir The Jerusalem Post, salah satu spekulasi yang mencuat adalah karena kritiknya terhadap Menlu AS Mike Pompeo pada Jumat lalu atau dua hari sebelum kematiannya. Pompeo mengunjungi Israel pada Rabu pekan lalu.

Du, seperti dilansir Haaretz, menyayangkan sikap Pompeo dan pemerintah AS yang terus mengkambinghitamkan Tiongkok sebagai penyebar virus corona. Menurutnya, sikap semacam itu sangat tak jelas atau absurd. Ia pun menekankan bahwa sampai saat ini belum ada penelitian yang komprehensif dari para ilmuwan terkait asal usul covid-19.

Sebaliknya, Du menyebut AS saat ini justru menjadi episentrum penyebaran virus corona di dunia. Membuktikan pemerintahan di sana belum berhasil menekan penyebarannya. Tak seperti pemerintah Tiongkok yang berhasil melandaikan pandemi ini dan telah berangsur membuka pembatasan sosial.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement