YLKI Tuding Industri Rokok Manfaatkan Pandemi untuk Iklan Terselubung

Image title
19 Mei 2020, 21:01
pandemi corona, industri rokok, ylki
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.
Ilustrasi bantuan sosial kepada warga yang ekonominya terdampak pandemi corona. YLKI menuding industri rokok memanfaatkan kondisi pandemi untuk mengiklankan produknya secara terselubung.

Yayasan Lembaga Kosumen Indonesia menuding industri rokok memanfaatkan beberapa kegiatan sosial terkait yang berkaitan dengan bantuan corona untuk mengiklankan produknya secara terselubung.

Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi mengatakan ironisnya bantuan-bantuan sosial yang diberikan melalui dana tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR) berupa alat pelindung diri (APD) yang diberikan kepada rumah sakit.

Padahal, secara kesehatan rokok sangat berdampak buruk bagi manusia. Sehingga hal ini sangat bertentangan dengan prinsip kesehatan lantaran para perokok sangat rentan terpapar virus.

"Justru industri rokok mencuri start dengan mengambil untung di saat wabah ini dengan membantu APD dan juga hiburan yang isinya untuk iklan mengenalkan produk itu ke masyarakat khususnya anak-anak untuk merokok," kata Tulus dalam diskusi daring di Jakarta, Selasa (19/5).

(Baca: Kendalikan Jumlah Perokok, Pemerintah Diminta Naikkan Lagi Cukai Rokok)

Menurut dia, sosialisasi pemerintah terkait dengan risiko besar perokok terpapar virus corona masih sangat minim. Berdasarkan catatannya beberapa waktu lalu, 12,4% pendapatan masyarakat menengah ke bawah digunakan untuk membeli rokok.

Bahkan, jumlah uang yang digunakan untuk membeli rokok tujuh kali lipat lebih banyak dibandingkan pengeluaran untuk membeli kebutuhan lauk pauk. Hal ini pun terjadi di tengah ancaman krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19

Kondisi ini menggambarkan rendahnya tingkat kesadaran masyarakat akan kesehatan diri. Sebab, dengan ancaman krisis kesehatan seperti saat ini seharusnya masyarakat lebih mengutamakan pemenuhan gizi dibandingkan rokok.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...