Harga Emas Antam Rp 926 Ribu/Gram di Tengah Optimisme Vaksin Corona

Desy Setyowati
20 Mei 2020, 08:57
Harga Emas Antam Rp 926 Ribu/Gram di Tengah Optimisme Vaksin Corona
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi emas Antam

Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini naik Rp 2 ribu ke level Rp 926 ribu per gram. Sedangkan harga logam mulia dunia melanjutkan penguatan, karena banyaknya stimulus untuk mengatasi pandemi corona. Meskipun ada optimisme pasar terkait uji klinis kandidat vaksin virus corona yang berhasil.

Berdasarkan data Bloomberg, harga emas di pasar spot naik 0,21% menjadi US$ 1.748 per Pukul 8.20 WIB. Sedangkan harga emas berjangka di bursa comex naik 0,49% menjadi US$ 1.754 per ons.

"Fundamental untuk emas tidak pernah lebih baik dalam sejarah. Kecuali kita memiliki lebih banyak optimisme tentang vaksin," kata Pendiri Circle Squared Alternative Investments Jeffrey Sica dikutip dari Reuters, Rabu (20/4).

Salah satu hal yang membuat optimisme pasar meningkat yakni hasil uji coba kandidat vaksin virus corona ke manusia tahap pertama berhasil. Ini merupakan bagian dari pengembangan vaksin oleh perusahaan bioteknologi Moderna Inc di Amerika Serikat (AS).

(Baca: Uji Coba Pertama, Moderna Klaim Vaksinnya Hasilkan Antibodi Corona)

Kendati begitu, harga emas dunia masih ditopang oleh banjir stimulus di beberapa negara. Bank sentral Australia (Reserve Bank of Australia/RBA) misalnya, membeli obligasi pemerintah US$ 50 miliar dan menyediakan fasilitas repo US$ 90 miliar.

Lalu, bank sentral Selandia Baru (Reserve Bank of New Zealand/RBNZ) mengumumkan akan melakukan Quantitative Easing (QE) US$ 27 miliar dalam setahun ke depan.

Kemudian, bank sentral Kanada (Bank of Canada/BoC) menjalankan program QE sejak awal April. Mereka membeli obligasi pemerintah US$ 5 miliar per pekan, dan akan terus dilakukan hingga perekonomiannya pulih.

Stimulus-stimulus seperti itu membuat mata uang yang beredar meningkat, sehingga berpotensi mendorong inflasi. Salah satu harga yang diprediksi naik yakni emas.

(Baca: Harga Emas Cetak Rekor, Logam Mulia Antam Justru Turun Rp 10 Ribu/Gram)

Analis Saxo Bank Ole Hansen menyampaikan bahwa prospek pertumbuhan ekonomi yang lebih lemah, stimulus bank sentral, dan ketegangan geopolitik seperti AS dan Tiongkok membuat harga emas tetap tinggi.

Di dalam negeri, berdasarkan situs logammulia.com, harga emas Antam naik Rp 2.000 menjadi Rp 926 ribu per gram. Begitu juga harga penjualan kembali (buyback) meningkat Rp 2.000 menjadi Rp 824 ribu per gram. 

(Baca: Harga Emas Dunia Menanjak, Logam Mulia Antam Naik Rp 7.000 per Gram)

Harga emas batangan Antam di Butik Logam Mulia berdasarkan data logammulia.com pada Rabu (20/5) sebagai berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...