Naik Dua Kali Lipat, Generali Bayar Klaim Covid-19 Rp 3,77 Miliar

Penulis: Muchammad Egi Fadliansyah

Editor: Happy Fajrian

20/5/2020, 20.35 WIB

Sebulan yang lalu atau pertengahan April 2020, Generali telah membayarkan klaim terkait Covid-19 sebesar Rp 1,8 miliar.

asuransi jiwa generali, generali indonesia, klaim covid 19, klaim corona
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi. PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia telah membayarkan klaim terkait Covid 19 sebesar Rp 3,77 miliar hingga pertengahan Mei 2020, naik dua kali lipat dibandingkan sebulan yang lalu.

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia telah membayarkan 37 klaim nasabah yang terinfeksi Covid-19, dengan nilai total Rp 3,77 miliar hingga pertengahan Mei 2020. Jumlah tersebut naik lebih dari dua kali lipat dari sebulan yang lalu yang sebesar Rp 1,8 miliar.

Adapun klaim tersebut termasuk pertanggungan atas manfaat klaim kesehatan dan manfaat tutup usia dari nasabahnya  di Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa Timur. CEO Generali Indonesia Edy Tuhirman mengatakan bahwa pandemi corona menjadi tantangan tersendiri bagi nasabah dan perusahaan.

“Ibarat keluarga, perusahaan ingin mendahdapi masa sulit ini bersama-sama dengan nasabah. Kami terus memberikan dukungan dan mendampingi di masa-masa terberat ketika nasabah terdiagnosa Covid-19," ujar  Edy dalam keterangan tertulis, Rabu (20/5).

(Baca: Asuransi Jiwa Generali Bayar Klaim Terkait Covid-19 Rp 1,8 miliar)

Meski corona membuat bisnis menjadi penuh ketidakpastian, termasuk bagi industri asuransi Edy mengatakan bahwa Generali terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan nasabah secara digital. Inovasi tersebut di antaranya fasilitas pembayaran premi dan klaim online, serta fasilitas telemedicine dengan teknologi artificial intelligence, Dokter Leo.

Edy menambahkan layanan digital terbaru ini banyak digunakan nasabah untuk tetap mendapatkan pelayanan kesehatan yang diperlukan dari rumah. Selain itu, Generali juga menyediakan produk dan layanan pemasaran tanpa tatap muka, sehingga tetap bisa menjangkau dan melayani nasabah dengan pemanfaatan teknologi.

Sebelumnya, Generali juga telah memberikan perluasan manfaat perlindungan bagi nasabah, yakni perpanjangan masa pembayaran premi dan tambahan santunan bagi nasabah yang terdampak Covid-19 bagi polis aktif, serta manfaat bebas masa tunggu dan tambahan nilai pertanggungan hingga maksimal Rp 500 juta untuk polis baru.

 “Ada juga tambahan santunan bagi nasabah yang meninggal dunia karena Covid-19,” kata Edy melalui konferensi pers virtual beberapa waktu lalu.

(Baca: Industri Asuransi Jiwa Terpukul Corona, Premi Anjlok 13,8%)

Sebagai langkah dalam mendukung upaya pemerintah untuk memutus rantai penyebaran infeksi,Generali Indonesia juga terus menggalakkan gerakan cuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, serta untuk tidak mudik dan tetap di rumah lebaran nanti kepada karyawan, nasabah, tenaga pemasar, dan masyarakat.

Di sisi lain, Edy memastikan Covid-19 tak menghambat perusahaan dalam memasarkan polis. Sebaliknya, perusahaan akan lebih mengoptimalkan agen untuk memasarkan produk terbaru perusahaan.

Meski nantinya pemasaran tidak akan dilakukan secara tatap muka atau face to face, melainkan melalui sarana digital dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial yang ada.

 “Sekarang kami malah sedang gencar juga untuk pemasaran. Apalagi sekarang banyak PHK, lalu harapannya banyak agen yang ikut ke kami. Karena jualannya gampang. Apalagi, ini kerjanya enak, bisa dari rumah hanya modal HP dan semangat. Karena saat ini tidak perlu tatap muka,” ujarnya.

(Baca: OVO - Prudential, Kolaborasi Sediakan Asuransi COVID-19 Bebas Premi)

Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan