Proses Verifikasi Piutang PKPU Kasus KSP Indosurya Diundur

Image title
20 Mei 2020, 18:04
Ilustrasi, suasana ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Hakim Pengawas memundurkan proses verifikasi piutang PKPU KSP Indosurya karena kondisi tidak memungkinkan.
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Ilustrasi, suasana ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Hakim Pengawas memundurkan proses verifikasi piutang PKPU KSP Indosurya karena kondisi tidak memungkinkan.

Hakim Pengawas Pengadilan Niaga Jakarta Pusat memutuskan menunda proses verifikasi piutang Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU). Akibatnya, kasus investasi bodong KSP Indosurya Cipta makin jauh dari proses penyelesaian.

Pertimbangan Hakim Pengawas membatalkan verifikasi piutang adalah, kondisi tidak memungkinkan. Pasalnya, di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 kegiatan yang mengumpulkan banyak orang dalam satu tempat tidak diperbolehkan.

Advertisement

"Karena keadaan yang tidak memungkinkan, maka diputuskan jadwal pelaksanaan rapat verifikasi diundur menjadi 19 Juni 2020 pukul 09.00 WIB," kata Hakim Pengawas Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, dalam rekaman suara yang dibagikan seorang nasabah, Rabu (20/5).

Adapun, penetapan yang telah dikeluarkan sebelum penundaan, akan disesuaikan mengikuti jadwal verifikasi piutang yang baru. Artinya, rapat penyerahan proposal pengembalian dana, dan voting untuk perkara KSP Indosurya juga mundur dari jadwal sebelumnya.

Jika melihat timeline penyelesaian perkara, setelah verifikasi piutang PKPU nasabah dijadwalkan bertemu dengan pengurus KSP Indosurya pada 29 Mei 2020, untuk membahas skema pengembalian dana. Kemudian, pada 5 Juni 2020 akan dilakukan voting terkait skema yang sudah diajukan.

Mendengar penundaan ini, beberapa nasabah mengungkapkan kekecewaannya, sebab keputusan ini baru dibacakan saat hari pelaksanaan. Selain itu, jadwal rapat-rapat selanjutnya juga belum jelas penentuannya.

"Kalau memang harus diundur, seharusnya diumumkan beberapa hari sebelumnya lewat surat edaran. Kalau semua orang sudah hadir lalu diundur, itu sangat menyusahkan dan tidak adil bagi nasabah, terutama yang dari luar kota," kata Kris, salah satu nasabah KSP Indosurya.

(Baca: Temui Beberapa Nasabah, KSP Indosurya Tawarkan Skema Pengembalian Dana)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement