Sri Mulyani Segera Rilis Aturan Penempatan Dana Bank Jangkar Rp 87 T

Agatha Olivia Victoria
20 Mei 2020, 21:55
penempatan dana pemerintah, bank jangkar, perbankan, sri mulyani
Arief Kamaludin | Katadata
llustrasi. Penempatan dana pemerintah di perbankan bertujuan untuk membantu restrukturisasi kredit UMKM

Menteri Keuangan Sri Mulyani akan segera merilis aturan penempatan dana pada bank jangkar sebagai langkah untuk membantu proses restrukturisasi kredit. Penempatan dana diperkirakan mencapai Rp 87 triliun.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan Peraturan Menteri Keuangan yang akan menjelaskan mekanisme penempatan dana sudah rampung. "Siap dinomori untuk diundangkan dan semoga usai libur lebaran sudah bisa rilis," kata Suahasil dalam konferensi video, Rabu (20/5).

Suahasil menegaskan, penempatan dana pemerintah tersebut bertujuan untuk membantu UMKM. Kebijakan ini penting untuk memastikan perbankan dapat merestrukturisasi kredit para pengusaha kecil tersebut.

"Kami perkirakan Rp 87 triliun, tapi ini perkiraan. Belum pasti karena itu adalah kesiapsiagaan dari pemerintah untuk melakukan hal tersebut kalau diperlukan," ujarnya.

(Baca: Ancang-ancang Menghadapi Bank Gagal Akibat Pandemi Corona)

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut bakal menempatkan dana sebesar Rp 34 triliun di bank peserta atau jangkar. Penempatan dana kemungkinan akan dilakukan dalam bentuk deposito. 

Adapun penetapan bank peserta akan dilakukan oleh Menteri Keuangan atas rekomendasi OJK setelah bank pelaksana akan mengajukan proposal untuk permintaan dana restrukturisasi.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...