Jusuf Kalla Sebut Indonesia Lewatkan Momen Emas Cegah Corona

Image title
23 Mei 2020, 12:38
Jusuf Kalla Sebut Indonesia Lewatkan Momen Emas Cegah Corona
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Ilustrasi. Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan pidato ilmiah saat penganugerahan Doktor Honoris Causa (HC) di Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Jawa Barat, Senin (13/1/2020).

Wakil Presiden Indonesia periode 2014-2019, Jusuf Kalla menilai Indonesia telah kehilangan momen emas atau golden moment dalam mencegah penyebaran virus corona. Seharusnya pemerintah memaksimalkan pencegahan pada Februari sampai Maret lalu.

"Vietnam ketat cegah dua bulan itu, hasilnya bisa dikendalikan sekarang," kata pria yang akrab disapa JK ini, dalam diskusi virtual 'Belajar dari JK: Solidaritas Menghadapi Pandemi', Sabtu (23/5).

Advertisement

Karena, kata JK, dalam kesehatan rumus baku yang berlaku adalah mencegah lebih baik daripada mengobati. Sementara selama masa emas tersebut pemerintah dan masyarakat Indonesia lebih sibuk memperdebatkan cara pengobatan covid-19.

"Kita bebankan semua ke dokter. Padahal dokter itu lini kedua, yang penting pencegahannya. Pertahanan pertama," kata JK.

(Baca: JK: Kurangnya Ketegasan Pemerintah Bisa Berbuah Masalah Besar Corona

Selain karena sibuk berdebat, JK menilai pemerintah di awal pandemi cenderung menganggap enteng virus corona. Ia pun menyindir pernyataan Menkes Terawan pada 2 Maret lalu bahwa virus corona bisa sembuh sendiri.  "Kita kan menganggap bisa sembuh sendiri. Masih ingat kan yang bilang begitu?", kata JK.

Pencegahan yang semestinya dilakukan pemerintah saat itu, kata JK, adalah pembatasan sosial dengan ketat dan penyemprotan disinfektan di seluruh wilayah Indonesia, khususnya tempat umum.

JK mengaku di akhir Februari telah memperingatkan bahaya virus corona kepada pemerintah. Namun, menurutnya, saat itu pemerintah lebih sibuk memperdebatkan istilah lockdown dan pembatasan sosial. "Kita memang lebih banyak berdebat daripada berbuat," kata JK.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement