Era Baru BCA, Ganti Nama Bank Royal jadi Bank Digital BCA Semester II

Image title
27 Mei 2020, 21:42
Bank Royal Akan Berganti Nama jadi Bank Digital BCA Mulai Semester II.
Arief Kamaludin|KATADATA
Suasana Stan Bank BCA pada Indonesia Banking Expo (IBEX). Bank BCA akan resmi mengganti nama Bank Royal menjadi Bank Digital BCA pada semester II 2020.

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) bakal mengubah nama Bank Royal Indonesia menjadi Bank Digital BCA setelah resmi diakuisisi November 2019. Adapun penggantian nama tersebut bakal dilakukan pada semester II 2020. 

Direktur Keuagan BCA Vera Eve Lim mengungkapkan, perusahaan akan melakukan soft launching pada semester II sekaligus memperkenalkan produk pertama Bank Digital BCA kepada masyarakat.

Soft opening  akan diadakan secara internal dulu untuk aplikasi yang kita siapkan saat ini,” kata Vera dalam konferensi pers virtual, Rabu (27/5).

(Baca: BCA Restrukturisasi Kredit 72 Ribu Debitur Senilai Rp 82,6 Triliun)

Adapun perubahan nama itu menurutnya telah disetujui regulator. Dia menyebut, setelah diakuisisi oleh Bank BCA, Bank Royal Indonesia akan memiliki modal inti sebesar Rp 1,3 triliun. Namun modal itu masih lebih rendah dari yang disyaratkan Otoritas Jasa Keungan (OJK) bahwa modal inti minimum bank senilai Rp3 triliun.

Regulasi ini diatur melalui Peraturan OJK Nomor 12/POJK.03/2020 tentang Konsolidasi Bank Umum. Pemenuhan modal inti tersebut harus dicapai bank paling lambat 31 Desember 2022.

Meski demikian, kata Hera, sebagai bagian dari bank umum kelompok usaha (BUKU) IV, anak usaha BCA dimungkinkan untuk tidak memenuhi modal inti sebesar Rp3 triliun. Ini dikarenakan, di bawah Bank BCA, anak usaha akan memiliki menajemen risiko yang lebih terintegrasi yang dapat dilihat langsung ke induk perusahaan.

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...