Menristek: 3 Strategi Tangkal Gelombang Kedua Corona saat New Normal

Cindy Mutia Annur
27 Mei 2020, 18:05
Mitigasi Gelombang Kedua Corona, Menristek Usul 3 Hal Saat New Normal
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Ilustrasi, warga dengan mengenakan masker berjalan di salah satu jembatan penyeberangan orang (JPO) di Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (16/5/2020).

Pemerintah bersiap memberlakukan aktivitas dengan cara normal baru atau new normal di tengah pandemi corona. Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengusulkan tiga hal, agar penyebaran virus corona tak meluas.

Pertama, protokol penanganan Covid-19 wajib diterapkan secara disiplin. Protokol yang dimaksud yakni selalu menjaga jarak fisik dan kebersihan diri, serta menggunakan masker.

Apalagi, new normal diterapkan meski obat atau vaksin virus corona belum ditemukan. “Maka, orang harus berupaya menghindari dari kemungkinan terpapar virus Covid-19 ini," ujar Bambang saat konferensi pers secara virtual, Rabu (27/5). 

(Baca: Sambut New Normal, Kemenag Bakal Buka Rumah Ibadah Secara Bertahap)

Kedua, screening dan diagnosis virus terutama di daerah kerumunan yang bersifat temporer seperti stasiun atau bandara. Hal ini bertujuan menghindari paparan virus secara langsung.

"Harus dipastikan ada rapid test, sehingga ada screening siapa yang boleh atau tidak mengikuti aktivitas tertentu," ujar Bambang.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...