WHO Desak RI Setop Hidroksiklorokuin dan Klorokuin untuk Obati Corona

Ameidyo Daud Nasution
27 Mei 2020, 15:23
Petugas menunjukkan obat Chloroquine yang akan diserahkan kepada RSPI Sulianti Saroso di Jakarta, Sabtu (21/3/2020). WHO Desak RI Setop Hidroksiklorokuin dan Klorokuin untuk Obati Corona
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/pras.
Obat klorokuin di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, Sabtu (21/3/2020). WHO meminta pemerintah setop menggunakan turunan klorokuin yakni hidroksiklorokuin dalam mengobati pasien corona.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) meminta Pemerintah Indonesia untuk menghentikan penggunaan hidroksiklorokuin dan klorokuin dalam pengobatan virus corona Covid-19. Hal ini terkait keamanan dari obat malaria tersebut dalam mengobati corona.

Dilansir dari Reuters, seorang sumber mengatakan WHO telah mengirim pemberitahuan kepada Kementerian Kesehatan agar menghentikan pemakaian dua obat ini pada pasien Covid-19.

Anggota Asosiasi Pulmonolog Indonesia sekaligus dokter yang ikut menyusun pedoman pengobatan Covid-19 yakni dr Erlina Burhan juga mengonfirmasikan bahwa asosiasi telah menerima saran terbaru dari WHO ini.

“Kami sedang membahas dan masih ada beberapa perselisihan. Belum ada kesimpulan,” kata Erlina dilansir dari Reuters, Rabu (27/5).

(Baca: WHO Setop Uji Coba Obat Malaria Hidroksiklorokuin untuk Pasien Corona)

Hidroksiklorokuin merupakan obat turunan klorokuin yang digunakan untuk mengobati infeksi malaria dan lupus. Obat ini disebut Presiden Amerika Serikat Donald Trump berpotensi manjur untuk pasien Covid-19.

Hari Senin (25/5), WHO telah menangguhkan uji klinis global hidroksiklorokuin untuk mengobati corona. Sedangkan dari data Kemenkes, beberapa perusahaan siap menyediakan 15,4 juta klorokuin dan hidroksiklorokuin.

Ahli jantung dari Cleveland Clinic, Amerika Serikat yakni dr Stephen Nissen mengatakan dirinya terkejut pemerintah RI merekomendasikan hidroksiklorokuin untuk pengobatan corona. Apalagi menurutnya ada risiko serius bagi jantung pasien jika obat ini digunakan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...