Sektor Usaha Perbankan Dinilai Paling Siap Sambut New Normal

Image title
29 Mei 2020, 22:38
Industri Perbankan Disebut Paling Siap Sambut New Normal.
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.
Karyawan Bank Mandiri saat tengah melayani nasabah di kantor cabang pada perayaan Hari Kartini. Sektor perbankan disebut paling siap menerapkan skema new normal.

Pemerintah tengah mempersiapkan diri menyambut fase normal baru atau new normal setelah aktivitas masyarakat terhenti akibat pandemi corona. Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menilai salah satu sektor ekonomi yang paling siap dibuka pada fase tersebut yakni sektor perbankan.

Ekonom Senior Indef Aviliani mengatakan, sektor perbankan telah mempersiapkan diri menggunakan standar operasional prosedur (SOP) kesehatan jauh hari sebelum pemerintah membuka wacana new normal. Protokol kesehatan telah diterapkan bagi para nasabah sejak sebelum masuk ruangan.

"Mereka sudah melakukan SOP kesehatan baik itu di tempat duduk sudah diatur kemudian bagaimana pertama kali orang masuk itu paling siap indusri perbankan," kata Aviliani dalam diskusi daring di Jakarta, Jumat (29/5).

(Baca: Riuh Skenario New Normal Ekonomi Indonesia Saat Pandemi Belum Reda)

Selain mampu menerapkan SOP dengan baik,  industri perbankan merupakan sektor perkantoran yang tak menyebabkan kerumunan banyak orang sehingga untuk mengatur ketertiban relatif lebih mudah dibandingkan sektor lain. Proses pengawasannya pun cukup dilakukan dengan beberapa pihak keamanan.

"Menurut saya yang paling bahaya itu mal, bioskop kemudian tempat hiburan dan tempat wisata. Kalau kantor seharusnya mereka yang sudah bisa mempersiapkan diri dengan SOP itu yang lebih baik dibuka," kata dia.

Lebih lanjut, Aviliani menjelaskan ketika fase new normal diterapkan akan ada beberapa perubahan yang diterapkan perusahaan dalam sistem kerja.  Pertama, perusahaan akan lebih banyak melakukan pengurangan karyawan dan jam kerja, sehingga dapat dimanfaatkan karyawan untuk menambah penghasilan dengan pekerjaan lain.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...