Tensi AS-Tiongkok Kerek Harga Emas, Logam Mulia Antam Jadi Rp 913 Ribu

Image title
29 Mei 2020, 09:50
harga emas, amerika serikat, tiongkok
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, petugas menunjukkan emas batangan Antam. Harga emas kembali naik setelah tensi hubungan AS-Tiongkok memanas.

Harga emas dunia pada Jumat (29/5) kembali naik ditopang meningkatnya tensi hubungan Amerika Serikat dan Tiongkok. Padahal, harga komoditas tersebut pada sesi perdagangan sebelumnya sempat turun hingga 1% karena pasar saham meningkat.

Ketegangan hubungan AS-Tiongkok dipicu rencana pemberlakuan Undang-undang Keamanan Hong Kong. Parlemen Tiongkok tersebut bahkan telah menyetujui rancangan undang-undang tersebut.

Advertisement

Padahal, para aktivis demokrasi memprotes keras rencana pemberlakuan UU Keamanan di Hong Kong. Sebab, aturan tersebut dapat mengikis kebebasan masyarakat dan membahayakan peran Hong Kong sebagai pusat keuangan global.

Investor sebelumnya menutup mata terhadap ketegangan baru AS-Tiongkok. Investor justru berfokus pada pembukaan kembali kegiatan bisnis di sejumlah negara.

(Baca: Dipicu Rencana Stimulus Beberapa Negara, Harga Emas Naik 0,28%)

Namun, Presiden AS Donald Trump pada Kamis (28/5) waktu setempat menyatakan bakal memberikan konferensi pers terkait Tiongkok pada hari ini. Sementara itu, administrasi Gedung Putih terus menekan Beijing terkait kebijakan di Hong Kong.

Trump kemungkinan menerapkan sanksi kepada Tiongkok berupa penerapan tarif, pembatasan visa, dan pinalti ekonomi lainnya. Di sisi lain, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dalam kongres yang digelar pada Rabu (27/5) menyatakan Tiongkok telah merongrong otonomi Hong Kong secara mendasar sehingga pusat keuangan Asia itu tidak lagi memenuhi syarat menyandang status khusus di bawah hukum A.S.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement