Kereta Commuter Siapkan Tiga Tahap Operasi KRL untuk Masa Normal Baru

Rizky Alika
2 Juni 2020, 19:58
KCI Siapkan Skema Tahapan Operasional KRL Jelang New Normal.
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Petugas keamanan memberi himbauan untuk mengatur jarak antar penumpang di Stasiun Bekasi, Jawa Barat, Selasa (2/6/2020). PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan menyiapkan protokol kesehatan menghadapi tatanan normal baru.

Pemerintah telah melakukan sejumlah persiapan menjelang penerapan new normal. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI)  telah menyiapkan tiga tahapan operasional Kereta Rel Listrik (KRL) pada masa kenormalan baru.

Namun, tahapan operasional tersebut belum ditetapkan waktunya karena masih menunggu evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) serta pembahasan dengan pemerintah pusat dan daerah. Diskusi tersebut juga melibatkan pemerintah daerah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. 

"Jadi ada tiga tahap yang kami lakukan. Tahap pertama ialah adaptasi," kata Direktur Utama KAI Wiwik Widayanti dalam webinar, Selasa (2/6).

(Baca: Cegah Terkena Covid-19, Balita Dilarang Naik KRL Saat New Normal )

Pada tahap tersebut, nantinya ada sekitar 700-783 kereta yang beroperasi dengan jumlah 83 loop line atau jalur lingkar kereta yang akan beroperasi pukul 04.00-18.00 WIB.

Jumlah kereta tersebut sama dengan jumlah operasional kereta saat ini. Dengan begitu, jumlah penumpang pun akan dibatasi hanya sebanyak 80 penumpang per grebong. Seluruh penumpang diwajibkan menggunakan masker.

Tahap kedua, jumlah kereta akan ditambah seiring ddengan peningkatan aktivitas bisnis di Jakarta. Jumlah kereta yang beroperasi pada tahap ini sebanyak 885-900 kereta api dengan jumlah 88 loop.

Jam operasional KRL pada tahap tersebut akan ditingkatkan menjadi 04.00-20.00 WIB. Selanjutnya, penumpang kereta akan dibatasi sebanyak 100 orang per kereta.

Tahap ketiga, jumlah kereta yang beroperasi mencapai 991-1.001 kereta dengan 88-90 loop line. Jam operasional KRL pada tahapan ini kembali normal yakni pada pukul 04.00-24.00 WIB dengan jumlah penumpang per kereta 140 orang per kereta.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...