PHK Puluhan Jurnalis, Microsoft Pakai Robot untuk Produksi Berita

Desy Setyowati
2 Juni 2020, 18:28
Pecat Puluhan Jurnalis, Microsoft Pakai Robot AI
ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato/pras/dj
Ilustrasi, robot humanoid Pepper, dikembangkan oleh SoftBank Group Corp, mendemokan cara check in di sebuah hotel Grup APA yang telah dirancang untuk menampung orang tanpa gejala dan mereka yang memiliki gejala ringan penyakit virus corona(COVID-19) untuk membebaskan tempat tidur rumah sakit dan meringankan pekerjaan perawat dan anggota staf, di Tokyo, Jepang, Jumat (1/5/2020).

Microsoft memecat puluhan jurnalis dan pekerja editorial. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) ini merupakan bagian dari upaya perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu untuk mendorong pemanfaatan mesin pintar atau kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) di MSN.com dan browser Edge.

Teknologi tersebut juga akan diimplementasikan di bagian Microsoft News lainnya. Pekerja yang terdampak mayoritas di divisi pencarian, iklan, berita, Edge atau SANE.

Advertisement

"Seperti semua perusahaan, kami mengevaluasi bisnis secara teratur," kata juru bicara Microsoft dalam pernyataan resmi dikutip dari The Verge, akhir pekan lalu (31/5). “Ini dapat meningkatkan investasi di beberapa tempat, dari waktu ke waktu, penempatan kembali di tempat lain.”

Perusahaan menambahkan, PHK tidak terkait langsung pandemi virus corona. Walaupun, Microsoft mengakui bahwa bisnis media di seluruh dunia terpukul Covid-19 dari sisi pendapatan iklan yang merosot.

(Baca: New Normal, Kafe di Korsel Gunakan Robot untuk Layani Pelanggan)

PHK tersebut pertama kali dilaporkan oleh Business Insider. Seattle Times melaporkan, 50 produser berita kontrak akan kehilangan pekerjaan pada akhir Juni.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement