Datang ke Restoran Saat Normal Baru, Pengunjung Wajib Pakai Masker

Rizky Alika
3 Juni 2020, 16:24
 Panduan New Normal di Restoran, Pengunjung Diwajibkan Pakai Masker.
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj.
Pekerja restoran membersihkan ruang dapur saat simulasi pembukaan kembali pusat perbelanjaan di Jawa Barat. Dalam fase new normal seluruh tamu yang datang ke restoran diwajibkan untuk selalu menggunakan masker.

Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) menerbitkan panduan standar minimum operasional dalam pencegahan Covid-19 pada masa kenormalan baru (new normal) untuk bisnis restoran di luar hotel. Dalam panduan tersebut, seluruh tamu yang datang ke restoran diwajibkan untuk selalu menggunakan masker.

"Masker dilepas hanya pada saat makan dan minum," tulis salinan panduan umum baru hotel dan restoran yang diterima katadata.co.id, Rabu (3/6).

Tamu diharuskan mengukur suhu tubuh di area pintu masuk restoran. Bila suhu tubuh tamu berada di atas 37,3 derajat celcius, maka tidak diperkenankan memasuki area restoran.

(Baca: New Normal, Tamu Hotel yang Menginap Wajib Isi Deklarasi Perjalanan)

Seluruh tamu diarahkan untuk menggunakan penyanitasi tangan yang tersedia di area greeter sebelum menuju  ke meja tamu. Karyawan restoran diwajibkan untuk memberi pengawasan khusus kepada tamu anak-anak.

 Meski ada ketentuan tersebut, keluarga yang serumah dan ingin duduk bersama tetap diperbolehkan dengan tetap memakai masker serta hanya dilepas pada saat makan dan minum.

PHRI menyebutkan, restoran dapat menggunakan partisi atau mengosongkan satu meja bila jarak antar meja kurang dari satu meter.  Untuk tetap steril, keranjang berisi alat makan tidak diperbolehkan untuk diletakkan di atas meja sebelum tamu datang.

Selain itu, restoran juga diminta untuk mengatur sistem antrean dengan menyediakan penanda batas berjarak minimal satu meter satu sama lainnya di depan pintu masuk untuk batas antrean. Tamu dapat menunggu di depan area restoran dengan imbauan untuk menjaga jarak minimal satu meter dari tamu lain.

(Baca: New Normal, Orang Batuk Flu Dilarang Masuk ke Mal hingga Restoran)

Untuk sistem pembayaran, karyawan restoran di bagian kasir diimbau untuk menyarankan pembayaran  non tunai. Sedangkan untuk pembayaran secara tunai akan menggunakan perantara melalui money-tray. Tamu diminta untuk tetap melakukan pembayaran di meja dan akan dibawakan penyanitasi tangan untuk digunakan setelah transaksi.

Sedangkan untuk fasilitas pesan antar, restoran diminta untuk menyediakan sistem contactless pick-up, misalnya menyiapkan area khusus dan meja untuk pengambilan pesanan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...