Giro dan Uang Elektronik Turun, Uang Beredar April 2020 Melambat

Agatha Olivia Victoria
3 Juni 2020, 21:35
Ilustrasi, uang rupiah. Perlambatan uang beredar terjadi karena seluruh komponennya, baik uang beredar dalam arti sempit (M1), uang kuasi dan surat berharga selain saham melambat.
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, uang rupiah. Perlambatan uang beredar terjadi karena seluruh komponennya, baik uang beredar dalam arti sempit (M1), uang kuasi dan surat berharga selain saham melambat.

Bank Indonesia (BI) mencatat likuiditas perekonomian alias uang beredar dalam arti luas (M2) melambat pada April 2020. Perlambatan M2 terjadi karena perlambatan seluruh komponennya, baik uang beredar dalam arti sempit (M1), uang kuasi, maupun surat berharga selain saham.

Adapun, posisi M2 bulan April 2020 tercatat sebesar Rp 6.238,3 triliun, atau tumbuh 8,6% secara tahunan, lebih rendah dibandingkan pertumbuhan bulan sebelumnya, yakni sebesar 12,1%.

Advertisement

Secara rinci, uang kuasi yang memiliki pangsa terhadap M2 tercatat sebesar 74,3% dengan nilai Rp 4.637,3 triliun, melambat dari 10,8% pada Maret 2020 menjadi 8,5%. Hal ini terjadi seiring dengan perlambatan simpanan berjangka, tabungan, maupun giro valas.

Sejalan dengan hal tersebut, surat berharga selain saham juga melambat dari 44,6% menjadi 20,6%. Perlambatan terutama didorong oleh peningkatan surat berharga rupiah bank yang dimiliki oleh perusahaan korporasi finansial.

Kemudian, M1 tercatat melambat dari 15,4% menjadi 8,4%, disebabkan oleh melambatnya giro rupiah dari 22% menjadi 9,4%. Ini terjadi karena penurunan saldo giro rupiah milik nasabah korporasi dan perorangan.

Pertumbuhan dana float atau saldo uang elektronik yang diterbitkan bank juga tercatat kembali mengalami penurunan yakni -14,8%, lebih dalam dibandingkan penurunan bulan sebelumnya, yang sebesar -10%. Porsi uang elektronik tercatat sebesar 0,14% terhadap M1 dengan nilai Rp 2,2 triliun.

(Baca: Pertumbuhan Kredit Perbankan pada April Melambat di Semua Sektor)

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement