Kenaikan Kasus Corona di Brasil Tertinggi, 31 Ribu Orang Tewas

Agustiyanti
3 Juni 2020, 08:04
brasil, pandemi corona, episentrum baru virus corona, virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Rahel Patrasso/hp/dj
Ilustrasi. Brasil kini memiliki jumlah kasus corona tertinggi kedua setelah Amerika Serikat.

Brasil mencatatkan 1.262 kematian dalam 24 jam terakhir akibat virus corona. Total korban tewas akibat Covid-19 di Negara Amerika Latin itu kini mencapai 31.199 orang.

Dikutip dari CNN, Kementerian Kesehatan Brasil mencatatkan tambahan kasus sebanyak 28.936 pada periode yang sama. Dengan demikian, total kasus positif corona di negara tersebut kini mencapai 555.383.

Kenaikan jumlah kasus di Brasil melampaui AS yang mencapai 15.864 kasus baru berdaasarkan perhitungan John Hopkins University. Brasil kini menjadi negara kedua dengan jumlah kasus tertinggi setelah Amerika Serikat.

Negara bagian São Paulo, yang merupakan wilayah terpadat di Brazil dan pusat wabah di negara itu elaporkan 327 kematian terkait virus selama 24 jam terakhir, sehingga jumlah kematiannya menjadi 7.994.

(Baca: Tiga Bulan Pandemi, Kemenkeu Taksir Kerugian Ekonomi RI Rp 316 Triliun)

Presiden Brasil Jair Bolsonaro menentang kebijakan isolasi kota yang diberlakukan oleh gubernur di beberapa negara bagian. Bolsonaro juga selalu menentang nasihat pakar kesehatan yang menganjurkan pembatasan wilayah. Akibat sikapnya yang antipembatasan ketat, Bolsonaro ditinggalkan dua menteri kesehatannya.

Organisasi Kesehatan Dunia sebelumnya telah memperingatkan wilayah Amerika Tengah dan Selatan terkait peningkatan pesat dalam jumlah kasus virus corona baru

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...