Luhut: Pemulihan Ekonomi RI dari Dampak Covid-19 Butuh Lima Tahun

Image title
3 Juni 2020, 07:30
pemulihan ekonomi indonesia, dampak covid 19, pandemi corona, dampak corona, dampak pandemi corona
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nz
Pemulihan ekonomi RI dari dampak Covid-19 diperkirakan akan membutuhkan waktu hingga lima tahun, kata Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Pandemi corona memukul hampir seluruh sektor industri, akibatnya pertumbuhan ekonomi melambat drastis. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, setidaknya butuh waktu lima tahun untuk pemulihan ekonomi RI dari dampak Covid-19.

"Saya bicara dengan World Bank di Washington, mereka menjelaskan dampak virus corona bisa sampai lima tahun baru income per kapita atau PDB suatu negara pulih kembali karena perekonomian global juga ikut terdampak," kata Luhut dalam diskusi daring, Selasa (2/6).

Advertisement

Menurut dia, Covid-19 saat ini telah memukul perekonomian 215 negara di seluruh dunia, termasuk Tiongkok yang merupakan negara asal virus tersebut. Tercatat, pertumbuhan ekonomi Negeri Panda telah terkontraksi hingga 6,8% dari sebelumnya tumbuh 6%.

(Baca: Luhut Sebut Stimulus Pemulihan Ekonomi Bertambah Jadi Rp 720 T)

Kondisi ini turut memukul seluruh perekonomian dunia lantaran Tiongkok berkontribusi 18% terhadap produk domestik bruto (PDB) dunia. Sedangkan di dalam negeri, pandemi ini berdampak terhadap turunnya devisa di enam sektor utama penyumbang PDB terbesar.

"Dampak Covid-19 memberikan tekanan terhadap enam sektor yang berkontribusi terhadap 69% dari total seluruh PDB pada kuartal pertama tahun ini," kata Luhut.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement