6 Sektor Startup Diincar Investor saat Normal Baru Diterapkan

Fahmi Ahmad Burhan
5 Juni 2020, 11:30
6 Sektor Startup Diincar Investor saat Normal Baru Diterapkan
Arief Kamaludin (Katadata)
Ilustrasi dolar AS

Para investor, termasuk modal ventura mulai mengkaji bisnis beragam startup jelang penerapan normal baru (new normal). Setidaknya ada enam sektor perusahaan rintisan yang diincar, yakni pendidikan (edutech), kesehatan (healthtech), teknologi finansial (fintech), logistik, pertanian (agritech) hingga new retail.

Ketua Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) Jefri R Sirait mengatakan, startup di sektor pendidikan, kesehatan, fintech, dan logistik dinilai kontribusi nyata selama pandemi corona. Oleh karena itu, perusahaan rintisan di keempat sektor ini diincar investor.

"Perubahan perilaku yang terjadi, membuat terobosan startup terus berinovasi untuk menjawab respons atas kebijakan social distancing," ujar Jefri kepada Katadata.co.id, Rabu (3/6) lalu.

(Baca: Normal Baru, Layanan Pesan Antar Perusahaan Digital Bersaing Ketat)

Pada fase awal pandemi Covid-19, para startup di sektor tersebut dinilai mampu mengedepankan teknologi dari sisi kecerdasan buatan (Artificial Intelgince/AI), machine learning, security, bio technology, dan lainnya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. "Secara prinsip, tentu yang bermanfaat bagi banyak orang," ujar dia.

Jefri pun mengatakan, pada fase social distancing akan menuntut para startup untuk semakin berinovasi. Selain itu, melakukan diferensiasi bisnis guna tetap menjaga kelangsungan bisnis mereka.

Meski begitu, Head of Investment & Synergy Mandiri Capital Rabbi Amrit menilai bahwa startup juga harus menjaga arus kasnya selama pandemi virus corona. “Memang startup identik dengan ‘bakar uang’. Saat pandemi, untuk antisipasi ke depan, mereka harus jaga arus kas (cash flow) agar bisa bertahan," katanya saat mengikuti acara diskusi bertajuk ‘Startup Hacks: Survive di Tengah Pandemi’.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...