Harga Minyak Dunia Stabil Menanti Kejelasan Pemangkasan Produksi OPEC+

Image title
5 Juni 2020, 08:08
harga minyak, negara opec+
skkmigas.go.id
Pengeboran di tambang minyak. Harga minyak dunia stabil di tengah penantian rencana pemangkasan produksi negara-negara OPEC+.

Harga minyak dunia bergerak fluktuatif pada perdagangan Jumat (5/6) pagi waktu Indonesia. Pasalnya, pasar masih menanti keputusan dari produsen minyak utama dunia mengenai pemangkasan produksi lanjutan.

Mengutip Bloomberg pada 06.58 WIB, harga minyak jenis Brent untuk kontrak pengiriman Agustus 2020 naik 0,50% menjadi US$ 39,99 per barel. Sedangkan, minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Juli 2020 turun 0,27% ke level US$ 37,31 per barel.

Negara OPEC serta sekutunya yang dipimpin Rusia atau yang sering dikenal dengan OPEC+, sedang berdebat mengenai waktu penyelenggaraan pembicaraan tingkat menteri untuk membahas kemungkinan perpanjangan masa pemangkasan produksi.

Adapun, dua produsen minyak terbesar di dunia yakni Arab Saudi dan Rusia ingin memperpanjang masa pemangkasan produksi 9,7 juta barel per hari (bph) yang disepakati oleh produsen utama pada April. Meski begitu, rencana pertemuan kemarin, Kamis (4/6), tertunda.

(Baca: Pertemuan OPEC+ Hari ini Batal, Harga Minyak Dunia Turun Tipis)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...