Ditopang Optimisme Pemulihan Ekonomi, IHSG Diprediksi Kembali Menguat

Image title
9 Juni 2020, 06:30
Ditopang Optimisme Pemulihan Ekonomi, IHSG Kembali Menguat.
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Layar menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) saat pembukaan perdagangan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (26/5/2020). IHSG diramal kembali menguat karena optmisme investor.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini, Selasa (9/6) diprediksi kembali menguat. Pada perdagangan kemarin, Senin (8/6) indeks ditutup naik signifikan hingga 2,48% ke level 5.070,56.

Kembalinya indeks di atas level 5.000 ini merupakan yang pertama, sejak penutupan perdagangan 11 Maret 2020 lalu, di level 5.154. Penguatan IHSG  kemarin salah satunya disebabkan oleh banyaknya aliran dana yang masuk ke bursa yakni mencapai Rp 13,12 triliun.

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan memperkirakan, IHSG hari ini berpotensi melanjutkan penguatan di level resistance 5.194 hingga 5.132. Sementara, level support, indeks akan berada di 4.977 hingga 4.884.

(Baca: IHSG Ditutup di Atas Level 5.000, Pertama dalam 3 Bulan Terakhir)

"Meskipun masih minim sentimen, investor cukup optimis perekonomian akan segera membaik. Penguatan harga komoditas juga akan mendorong penguatan," kata Dennies dalam risetnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai mengizinkan aktivitas perekonomian dan perkantoran dalam masa transisi pertama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai Senin kemarin. Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal mengawasi ketat jalannya aturan tersebut untuk mengurangi terjadinya kerumunan dan interaksi fisik mencegah risiko penularan virus corona.

Sejalan dengan fase PSBB  transisi, akan ada sembilan sektor ekonomi yang akan dibuka di tengah pandemi virus corona. Sembilan sektor tersebut, antara lain pertambangan, perminyakan, industri, konstruksi, perkebunan, pertanian dan peternakan, perikanan, logistik, dan transportasi barang.

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, sembilan sektor tersebut akan dibuka kembali karena memiliki risiko penularan corona yang rendah.

Dengan optimisme pasar tersebut, dia pun merekomendasikan beberapa saham yang layak diperhatikan investor pada perdagangan hari ini, yaitu PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Barito Pacific Tbk (BRPT), dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM).

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama mengungkapkan hal senada.  Dia memprediksi IHSG hari ini bakal terus melaju di zona hijau. "Ada potensi bullish continuation pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat," katanya.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...