IHSG Sesi I Naik 0,22% Ditopang Data Positif Cadangan Devisa Indonesia

Image title
9 Juni 2020, 12:46
ihsg hari ini, ihsg sesi I, cadangan devisa indonesia
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
IHSG sesi I Selasa (9/6) naik 0,22%. Kenaikan indeks ditopang data positif cadangan devisa Indonesia.

Indeks harga saham gabungan atau IHSG naik 0,22% ke level 5.081,88 pada akhir perdagangan sesi pertama Selasa (9/6). Kenaikan ini sedikit terbatas, pasalnya di awal perdagangan pagi ini, IHSG sempat melesat naik hingga 1,35% di level 5.139,4.

Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menilai bahwa salah satu sentimen positif datang dari cadangan devisa Indonesia yang meningkat. Artinya, ketahanan negara untuk melakukan pembiayaan dapat terjaga dengan baik.

"Dengan adanya sentimen positif, maka hal ini akan berpotensi untuk memberikan ruang yang lebih besar bagi pasar untuk melanjutkan penguatan," kata Nico dalam risetnya.

Seperti diketahui, Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa Indonesia akhir Mei 2020 sebesar US$ 130,5 miliar. Jumlah ini meningkat US$ 3,4 miliar dibandingkan dengan posisi akhir April 2020 yang sebesar US$ 127,9 miliar.

(Baca: Ditopang Optimisme Pemulihan Ekonomi, IHSG Diprediksi Kembali Menguat)

Nico menilai bahwa dengan adanya sentimen ini, bisa menjaga konsistensi tren positif yang terjadi di pasar. Semakin pasar mengalami kenaikan, maka semakin dibutuhkan penopang untuk menjaga pasar tetap berada di area positif.

"Jangan sampai kehilangan penopang, karena di tengah situasi dan kondisi saat ini, kami melihat pasar masih cukup rapuh," katanya.

Nico menambahkan bahwa fokus utama pasar saat ini adalah data pertumbuhan ekonomi Eropa yang akan keluar hari ini. Selain itu, investor juga tengah menantikan rapat Komite Pasar Terbuka Federal (Federal Open Market Committee/FOMC) Amerika Serikat (AS) pada Kamis mendatang.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...