Dibayangi Aksi Ambil Untung Investor, IHSG Diprediksi Melemah

Image title
10 Juni 2020, 06:23
Dibayangi Aksi Ambil Untung Investor, IHSG Diprediksi Melemah.
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (20/5/2020). IHSG diramal bergerak melemah hari ini, tertekan aksi ambi untung investor.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada Rabu (10/6) diprediksi kembali melemah. Pada perdagangan kemarin, Selasa (9/6) IHSG ditutup melemah 0,71% di level 5.035,05 setelah selama sepekan terakhir naik signifikan. 

"Meskipun masih dalam arah yang menguat, namun akhirnya IHSG menurun," kata Analis Panin Sekuritas William Hartanto dalam risetnya.

Kendati demikian, dia menilai koreksi indeks kemarin secara teknikal masih tergolong wajar karena ditutup di atas level support 5.000 serta rata-rata pergerakan selama 5 hari (MA5). Selain itu, saham berkapitalisasi besar juga tidak mengalami penurunan signifikan.

(Baca: Bank Dunia Peringatkan Ancaman Resesi Parah, IHSG Ditutup Turun 0,7%)

Oleh sebab itu, dia memperkirakan IHSG memang masih dalam tren penguatan meskipun turun di batas level 4.947. "Tidak mengubah keadaan bahwa IHSG masih up trend," katanya.

Berdasarkan analisisnya, IHSG hari ini cenderung bergerak melemah di level antara 4.947 sampai dengan 5.143.

Dia pun merekomendasikan beberapa saham yang dapat diperhatikan investor, seperti saham perbankan dan perkebunan milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP), PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO), dan PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM).

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan juga memiliki prediksi serupa.  IHSG diperkirakan bergerak di zona merah dengan area support di level 4.992 hingga 4.949. Sementara, area resistance indeks berada di level 5.181 hingga 5.108.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...