Bank Sentral AS Tahan Suku Bunga, Rupiah Menguat 0,39%

Agatha Olivia Victoria
11 Juni 2020, 09:29
Bank Sentral AS Tahan Suku Bunga, Rupiah Menguat 0,39%
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/pras.
Ilustrasi, karyawan menghitung uang dolar di gerai penukaran mata uang asing Ayu Masagung, Jakarta, Senin (18/5/2020).

Nilai tukar rupiah di pasar spot menguat 0,39% ke level Rp 13.925 per dolar Amerika Serikat (AS) pada pagi, hari ini (11/6). Mata uang Garuda menguat setelah bank sentral AS, Federal Reserve (The Fed) memutuskan untuk menahan suku bunga acuan (Fed Fund Rate/FFR).

Bukan hanya rupiah, mata uang Asia lainnya ikut menguat. Dikutip dari Bloomberg, yen Jepang naik 0,13%, dolar Taiwan 0,25%, won Korea Selatan 0,08%. rupee India 0,03%, ringgit Malaysia 0,24%, dan baht Thailand 0,64%.

Advertisement

Sedangkan, dolar Hong Kong dan Singapura melemah masing-masing 0,01%. Begitu juga peso Filipina dan yuan Tiongkok turun 0,03%

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menilai, hasil rapat moneter The Fed dini hari tadi bakal menjadi penggerak kurs rupiah hari ini. "The Fed mengatakan tidak akan menaikkan suku bunga dan tetap mendukung pembelian obligasi hingga 2022," ujar dia kepada Katadata.co.id, Kamis (11/6).

(Baca: Pasar Respons Negatif Lonjakan Kasus Corona RI, Rupiah Melemah 0,65%)

Pernyataan tersebut mengindikasikan ekonomi AS masih akan melemah dalam waktu yang cukup lama. Hal itu menekan dolar AS , ehingga mendorong penguatan rupiah pagi ini.

The Fed mempertahankan target bunga acuannya di kisaran 0% hingga 0,25%. Bank sentral juga berkomitmen menggunakan seluruh instrumen untuk memulihkan perekonomian akibat pandemi corona.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement