Investasi Hijau Dinilai Mampu Jadi Solusi Bisnis Usai Pandemi Corona

Rizky Alika
11 Juni 2020, 09:54
Ilustrasi, Petani Hidroponik. Investasi hijau dinilai mampu jadi solusi perbaikan ekonomi pasca pandemi karena mampu mengintegrasikan produksi lokal dengan rantai pasok berkelanjutan.
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.
Ilustrasi, Petani Hidroponik. Investasi hijau dinilai mampu jadi solusi perbaikan ekonomi pasca pandemi karena mampu mengintegrasikan produksi lokal dengan rantai pasok berkelanjutan.

Investasi berkelanjutan atau lebih dikenal dengan investasi hijau, dinilai dapat menjadi solusi perbaikan ekonomi pasca pandemi virus corona atau Covid-19.

Investment Associate Tropical Landscapes Finance Facility (TLFF) Bangkit Oetomo menyebut, investasi hijau merupakan model bisnis yang akan terus berkembang. Bahkan, model bisnis ini ia katakan mampu mendominasi dunia usaha di masa depan.

Advertisement

"Model bisnis ini memberikan ruang bagi perusahaan untuk memperkuat sistem dan daya dukung mulai dari ketersediaan pasokan, perbaikan kualitas barang/komoditas, dan kepastian berbisnis untuk jangka panjang," kata Bangkit, dalam sebuah seminar daring atau webinar, Rabu (10/6).

Ia menambahkan, TLFF telah melihat dua parameter utama dalam melakukan pendanaan, yaitu dari sisi komersial dan pemberian dampak sosial serta lingkungan. Atas hal tersebut, ada prosedur due diligence dalam menganalisis potensi bisnis.

Berdasarkan hasil analisa TLFF, sektor komoditas memiliki beberapa potensi bisnis yang bisa dilanjutkan pasca pandemi covid-19, seperti mendesain bisnis model yang mengintegrasikan produksi lokal dengan rantai pasok berkelanjutan.

Potensi lainnya adalah, pembangunan model bisnis yang inklusif seperti mendesain model untuk kerjasama antara sektor swasta dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Selain itu, ada juga potensi bisnis pasca pandemi seperti pemberian kredit penanaman kembali (replanting) bagi petani, untuk meningkatkan ketahanan sumber mata pencaharian di daerah.

(Baca: Pandemi Covid-19 Berpotensi Dorong Investasi Hijau di Indonesia)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement