Google Segera Luncurkan Pusat Data di Indonesia pada 24 Juni

Fahmi Ahmad Burhan
12 Juni 2020, 20:09
google cloud, kominfo, pusat data center
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. Google bakal meluncurkan pusat data di Indonesia pada 24 Juni.

Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar pertemuan virtual dengan Google Cloud membahas tentang pusat data atau data center.  Dalam pertemuan tersebut, Google Cloud disebut bakal meluncurkan pusat data nonpemerintah di Indonesia pada 24 Juni mendatang.

"Pada pertemuan itu, kami menekankan pembahasan pada program pembangunan pusat data. Google Cloud dijawalkan akan diluncurkan pada 24 Juni 2020 mendatang, ini tentu terkait juga dengan data center nongovernment," kata Menkominfo Johnny G Plate dalam video conference Jumat (12/6).

Kominfo menggelar pertemuan virtual dengan Google Cloud pada hari ini (12/6). Pertemuan tersebut juga dihadiri Managing Director of Asia Pacific Google Cloud Rick Harshman dan Head of Google Cloud APAC Government Affairs and Public Policy Google Barbara Navarro. 

(Baca: Google, Facebook dan Microsoft Kolaborasi Berantas Pelecehan Seksual)

Menurut Johnny, komitmen Google Cloud tersebut bisa mendukung upaya pemerintah dalam mengakselerasi transformasi digital di Indonesia. Pusat data Google Cloud itu menurutnya akan dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan, privasi data, serta teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence/AI. 

"Hal ini selaras dengan tujuan pemerintah, dalam pembangunan infrastuktur dan kecakapan digital yang sangat dibutuhkan," ujar Johnny.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...